Christian, Rendy (2011) PENGATURAN WAKTU OPERASIONAL KENDARAAN BERMOTOR GUNA MENINGKATKAN KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus Jalan Kolopaking, Kebumen). S1 thesis, UAJY.
Text (HALAMAN JUDUL)
0TS12099.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
1TS12099.pdf Download (376kB) |
|
Text (BAB II)
2TS12099.pdf Download (536kB) |
|
Text (BAB III)
3TS12099.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) |
|
Text (BAB IV)
4TS12099.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) |
|
Text (BAB V)
5TS12099.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB VI)
6TS12099.pdf Download (10MB) |
Abstract
PENGATURAN WAKTU OPERASIONAL KENDARAAN BERMOTOR GUNA MENINGKATKAN KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus Jalan Kolopaking, Kebumen), Rendy Christian, NPM : 04 02 12099, tahun 2011, PKS Transportasi, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Banyaknya jumlah kendaraan dalam suatu ruas jalan akan berdampak kemacetan. Apabila hal ini tidak diatasi akan merugikan pengguna ruas jalan tersebut. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan cara melakukan pengaturan waktu operasional kendaraan bermotor. Ruas Jalan Kolopaking, Kebumen berada di lokasi yang strategis, dengan adanya pertokoan dan pasar di sepanjang ruas jalannya, menyebabkan ruas jalan tersebut menjadi tujuan bagi para penduduk di Kebumen. Data-data yang diperlukan dalam analisis ini diambil langsung dari pengamatan di lapangan, dan diperoleh dari instansi-instansi yang terkait. Data yang diambil langsung di lapangan berupa data volume lalu lintas, data hambatan samping data waktu tempugh kendaraan ringan, serta geometrik jalan. Sedangkan data jumlah penduduk diperoleh dari instansi pemerintah. Hasil analisis dengan menggunakan MKJI 1997 menunjukkan bahwa kondisi existing memiliki arus lalu lintas (Q) sebesar 711.6 smp/jam, kecepatan arus bebas (Fv) sebesar 28029 km/jam, kapasitas (C) sebesar 1331.68 smp/jam, derajat kejenuhannya (DS) 0.5344 dan kecepatan tempuh (V) sebesar 70416 km/jam. Sedangkan setelah diberikan beberapa alternatif memiliki nilai yang lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari data arus lalu lintas (Q) sebesar 954.72 smp/jam, kecepatan arus bebas sebesar (Fv) 36.8 km/jam, kapasitas sebesar (C) 2489.52 smp/jam, derajat kejenuhnannya (DS) 0.3798 dan kecepatan tempuh (V) sebesar 33 km/jam. Semua analisis data tersebut berdasarkan data pada saat jam puncak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kondisi existing, arus lalu lintas (Q), kecepatan arus bebas (Fv), Kapasitas (C), Derajat kejenuhan (DS), Kecepatan tempuh (V), Jam puncak |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 12:56 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 12:56 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9931 |
Actions (login required)
View Item |