PENGARUH GAMIFIKASI PADA APLIKASI TOKOPEDIA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN

Marsudi, Ebed Kharistian (2019) PENGARUH GAMIFIKASI PADA APLIKASI TOKOPEDIA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. S2 thesis, UAJY.

[img] Text
MM02622.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Persaingan di dunia e-commerce menyebabkan pelanggan dapat berpindah dari satu e-commece ke e-commerce yang lain dengan mudah. Dalam situasi seperti ini loyalitas pelanggan diperlukan untuk membuat pelanggan tetap setia terhadap suatu ecommerce dalam wujud bertransaksi kembali maupun memiliki keinginan untuk kembali bertransaksi dalam e-commerce tersebut. Selain e-commerce, industri game juga terus berkembang dan memiliki banyak pengguna yang terus terlibat dan memiliki keinginan untuk kembali bermain. Keunikan game dan kebutuhan di dunia e-commerce ini menjadi bahan penelitian sehingga tercipta istilah gamifikasi. Gamifikasi dalam penelitian sebelumnya didefinisikan sebagai penggunaan elemen game diluar konteks game. Beberapa peneliti menyebutkan adanya pengaruh signifikan antara gamifikasi dengan motivasi dan juga gamifikasi dengan keterlibatan. Penelitian ini hendak melihat lebih jauh pengaruh gamifikasi bukan saja pada motivasi dan keterlibatan, melainkan pada loyalitas pelanggan. Gamifikasi dapat menjadi alternatif solusi permasalahan di e-commerce jika memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas. Penelitian ini dilakukan terhadap 339 pengguna Tokopedia sebagai ecommerce pilihan. Dari hasil penelitian yang dilakukan gamifikasi memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap motivasi dan memiliki pengaruh positif terhadap keterlibatan dan loyalitas melalui mediasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi gamifikasi perlu dirancang dengan mempertimbangkan motivasi pelanggan. Jika elemen yang digunakan berhasil mendorong motivasi pelanggan, maka gamifikasi dapat berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Implikasi dari hasil penelitian ini menjadi masukan bagi manajemen di Tokopedia untuk terus mengevaluasi gamifikasi agar sesuai dengan motivasi vii pelanggan. Selain bermanfaat bagi manajemen Tokopedia, penelitian ini juga melengkapi penelitian sebelumnya dengan menganalisis pengaruh gamifikasi terhadap loyalitas.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Magister Manajemen > E-Business
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Mar 2019 06:02
Last Modified: 18 Mar 2019 06:12
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17655

Actions (login required)

View Item View Item