FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG PRAKTIK AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI DANA KAMPANYE PARTAI POLITIK (STUDI EKSPLORATIF PADA DPRD KOTA BATU)

Santana, Putri Alvi (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG PRAKTIK AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI DANA KAMPANYE PARTAI POLITIK (STUDI EKSPLORATIF PADA DPRD KOTA BATU). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img] Text (Putri Alvi Santana)
1504224151.pdf

Download (2MB)
[img] Text
1504224152.pdf

Download (661kB)
[img] Text
1504224153.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
1504224154.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan-permasalahan apa saja yang dihadapi partai politik dalam melaksanakan praktik akuntabilitas dan transparansi dana kampanye partai politik dan juga pengkajian faktor-faktor apa saja yang mendukung terselenggaranya praktik akuntabilitas dan transparansi dana kampanye partai politik. Penulis menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini mengacu pada Teori Struktur sasi Giddens’ yang menyatakan bahwa perilaku seseorang atau organisasi didasari oleh dukungan dari agen dan struktur sosial yang ada. Penelitian ini menggunakan proses wawancara terhadap 6 informan dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan lemahnya agen internal dan struktur sosial yang ada di organisasi partai politik mengarah pada perilaku formalitas. Adapun para anggota partai politik akan mengikuti perilaku yang dimiliki partainya agar mendapatkan rasa aman (The Cultural Transmission Theory) dan juga memiliki tuntutan untuk membesarkan partainya sehingga mengesampingkan nilai-nilai sosial yang ada (Anomie Theories). Sementara itu, publik tidak menjalankan kontrol sosialnya karena tidak memiliki kepedulian dan pengetahuan terhadap dana kampanye (The Ecological Theory).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: transparansi, akuntabilitas, dana kampanye, partai politik
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 07 May 2021 13:24
Last Modified: 07 May 2021 13:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23926

Actions (login required)

View Item View Item