PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, DAN PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH TERHADAP KEANDALAN PELAPORAN KEUANGAN DAERAH PADA OPD DI PROVINSI DIY

Putri, Aurelia Karunia (2021) PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, DAN PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH TERHADAP KEANDALAN PELAPORAN KEUANGAN DAERAH PADA OPD DI PROVINSI DIY. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img] Text (Aurelia Karunia Putri)
16 04 227341.pdf

Download (2MB)
[img] Text
16 04 227342.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
16 04 227343.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
16 04 227344.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi nilai informasi dari segi keandalan pelaporan keuangan Pemerintah Daerah. Faktor-faktor yang diteliti antara lain meliputi kualitas sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, sistem pengendalian internal, dan pengawasan keuangan daerah. Subjek pada penelitian ini adalah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode nonprobabilitas dengan seluruh pegawai yang bekerja di bagian akuntansi atau penatausahaan keuangan sebagai populasinya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner langsung kepada 118 responden yang bekerja pada 20 OPD di Provinsi DIY. Data yang terkumpul tersebut, kemudian dianalisis dengan metode regresi linear berganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kualitas sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, dan sistem pengendalian internal berpengaruh secara positif dan signifikan. Sedangkan pengawasan keuangan daerah tidak berpengaruh terhadap keandalan pelaporan keuangan daerah pada OPD di Provinsi DIY.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitas sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, sistem pengendalian internal, pengawasan keuangan daerah, dan keandalan pelaporan keuangan daerah.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 07 Jun 2021 11:27
Last Modified: 07 Jun 2021 11:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24073

Actions (login required)

View Item View Item