ANALISIS RENCANA INVESTASI PERLUASAN TEMPAT USAHA PADA SAPULU COFFEE YOGYAKARTA

Arviana, Flora Nerissa (2021) ANALISIS RENCANA INVESTASI PERLUASAN TEMPAT USAHA PADA SAPULU COFFEE YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img] Text (Flora Nerissa Arviana)
16 04 227751.pdf

Download (2MB)
[img] Text
16 04 227752.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
16 04 227753.pdf

Download (174kB)
[img] Text
16 04 227754.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)

Abstract

Pentingnya peningkatan kualitas dan kuantitas produk serta pelayanan pada usaha coffee shop harus disadari oleh para pelaku bisnis coffee shop, terutama pada masa pandemi COVID-19 ini. Para pelaku bisnis coffee shop menghadapi suatu tantangan, yaitu untuk terus mempertahankan usaha mereka meskipun dalam kondisi sulit dan tidak pasti. Banyak coffee shop yang harus tutup selama pandemi. Jika coffee shop sudah dibuka kembali, para pelaku bisnis harus melakukan penyesuaian agar dapat memenuhi protokol kesehatan. Hal ini berkaitan dengan pengambilan keputusan investasi yang harus dilakukan pemilik Sapulu Coffee Yogyakarta, yaitu pengambilan keputusan untuk perluasan kapasitas. Pemilik Sapulu Coffee dihadapkan pada pengambilan keputusan investasi perluasan tempat usaha dengan membeli rumah di samping coffee shop agar area dine in yang sebelumnya sempit menjadi lebih luas dan berjarak untuk memenuhi protokol kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan rencana investasi perluasan tempat usaha pada Sapulu Coffee Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan aspek keuangan dengan langkah-langkah: menentukan nilai investasi awal, estimasi aliran kas masuk dan aliran kas keluar, menghitung aliran kas masuk bersih, menentukan discount rate, menilaitunaikan kas bersih, dan menilai keputusan investasi dengan metode Net Present Value (NPV). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai yang didapat dari perhitungan menggunakan NPV adalah -Rp 941.883.325. Dapat diketahui nilai NPV yang didapat adalah negatif. Nilai NPV yang negatif artinya rencana investasi perluasan tempat usaha Sapulu Coffee dengan membeli rumah di sampingnya dinyatakan masih belum layak untuk dilaksanakan saat ini. Dengan demikian, sebaiknya Sapulu Coffee menunda keputusan perluasan usaha.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kelayakan Investasi, Investasi, Pengambilan Keputusan untuk Perluasan Kapasitas (Ekspansi), Net Present Value (NPV).
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 10 Jun 2021 13:04
Last Modified: 10 Jun 2021 13:04
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24110

Actions (login required)

View Item View Item