PENGARUH PERSONAL BACKGROUND, POLITICAL BACKGROUND, DAN PENGETAHUAN TENTANG ANGGARAN TERHADAP PENYUSUNAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA PADA PERAN PEMERINTAH DESA KECAMATAN LUWUK UTARA

Bahiu, Fanny Jesiane (2021) PENGARUH PERSONAL BACKGROUND, POLITICAL BACKGROUND, DAN PENGETAHUAN TENTANG ANGGARAN TERHADAP PENYUSUNAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA PADA PERAN PEMERINTAH DESA KECAMATAN LUWUK UTARA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img] Text (Fanny Jesiane Bahiu)
1604228241.pdf

Download (2MB)
[img] Text
1604228242.pdf

Download (376kB)
[img] Text
1604228243.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[img] Text
1604228244.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)

Abstract

APBDes adalah dokumen publik yang seharusnya disusun dan dikelola dengan prinsip transparan, akuntabel, dan partisipatif dengan tujuan agar penyusunan APBDes tidak mengalami penyimpangan namun pada kenyataan masih banyak isu atau masalah yang terjadi pada penyusunan APBDes. Penyusunan APBDes sangat tergantung pada kemampuan dari aparat pemerintah desa-nya. Sehingga, penelitian ini dilakukan untuk menguji hubungan antara personal background, political background, dan pengetahuan tentang anggaran sebagai variabel independen terhadap penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa pada peran pemerintah desa kecamatan Luwuk Utara sebagai variabel dependen. Objek dalam penelitian ini adalah aparat pemerintah desa di kecamatan Luwuk Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah aparat pemerintah desa di kecamatan Luwuk Utara yang terdiri dari 9 desa. Sampel yang dipakai pada penelitian ini yaitu para kepala desa, sekretaris desa, bendahara desa, dan badan permusyawaratan desa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik survey dengan cara pembagian dan pengisian kuisioner. Metode analisis yang dilakukan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis menggunakan regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini adalah personal background berpengaruh positif terhadap penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa pada peran pemerintah desa kecamatan Luwuk Utara, political background tidak berpengaruh positif terhadap penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa pada peran pemerintah desa kecamatan Luwuk Utara, dan pengetahuan tentang anggaran berpengaruh positif terhadap penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa pada peran pemerintah desa kecamatan Luwuk Utara.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Personal Background, Political Background, Pengetahuan Tentang Anggaran, Penyusunan APBDes, Pemerintah Desa Kecamatan Luwuk Utara.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 18 Jun 2021 11:24
Last Modified: 18 Jun 2021 11:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24176

Actions (login required)

View Item View Item