PROSES PENGOLAHAN PESAN PERSUASI APARTEMEN UTTARA THE ICON PADA WARGA DUSUN KARANGWUNI

KRISTIASIH, ODILIA (2016) PROSES PENGOLAHAN PESAN PERSUASI APARTEMEN UTTARA THE ICON PADA WARGA DUSUN KARANGWUNI. . pp. 1-13.

[img] Text
JURNALKOM04386.pdf

Download (1MB)

Abstract

Meningkatnya jumlah pertumbuhan penduduk, kebutuhan akan tempat tinggal dan semakin tingginya harga lahan merupakan beberapa masalah utama yang dihadapi beberapa wilayah di Indonesia tak terkecuali di Yogyakarta. Namun tingginya kebutuhan masyarakat terhadap tempat tinggal tidak sebanding dengan lahan yang ada di Yogyakarta. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengarahkan perumahan agar tumbuh vertikal. Salah satu bentuk solusi perumahan secara vertikal adalah apartemen. Di Yogyakarta salah satu apartemen yang dalam pembangunannya menuai pro dan kontra dari masyarakat sekitar adalah Apartemen Uttara The Icon. Ketika pertama kali mengetahui akan adanya pembangunan Apartemen Uttara The Icon di Dusun Karangwuni, ada warga Dusun Karangwuni yang setuju namun ada juga yang menolak. Pro dan kontra di masyarakat ini mendorong pihak Apartemen Uttara The Icon melakukan beberapa upaya persuasi pada warga Dusun Karangwuni. Proses pengolahan pesan persuasi Apartemen Uttara The Icon pada warga Dusun Karangwuni inilah yang menjadi fokus penelitian. Dalam penelitian ini untuk mengetahui proses pengolahan pesan persuasi Apartemen Uttara The Icon pada warga Dusun Karangwuni, peneliti menggunakan teori Elaboration Likelihood Model (ELM) yang menjelaskan bahwa pengambilan keputusan tergantung pada dua jalur mental untuk dapat merubah sikap persuadee yaitu jalur utama (central route) dan jalur pinggiran (periferal route). Metode penelitian yang digunakan adalah fenomenologi untuk mengetahui bagaimana informan menafsirkan atau mempersepsikan pesan persuasi Apartemen Uttara The Icon. Dari hasil penelitian diketahui bahwa setelah menerima pesan persuasi persuadee yang setuju terhadap pembangunan Apartemen Uttara The Icon mengolah pesan persuasi dengan jalur pinggiran, sedangkan persuadee yang cenderung menolak pembangunan Apartemen Uttara The Icon dengan jalur utama. Walaupun semua persuadee memiliki motivasi yang tinggi, namun persuadee yang pro tidak memiliki kemampuan yang cukup untuk mengolah pesan persuasi. Dalam menanggapi pesan persuasi persuadee yang kontra lebih berpikir kritis dan cermat dalam menanggapi isi pesan persuasi, sedangkan persuadee yang pro pembangunan Apartemen Uttara The Icon tertarik dengan pesan persuasi karena dianggap banyak memberikan keuntungan bagi warga dan juga karena persuadee lebih mempertimbangkan aspek - aspek di luar pesan persuasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Persuasi, Pengolahan Pesan, ELM
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Aug 2016 12:46
Last Modified: 15 Aug 2016 12:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10097

Actions (login required)

View Item View Item