PENGARUH ASOSIASI MEREK HONDA JAZZ TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL HONDA JAZZ PADA ANGGOTA JAZZ FIT CLUB REGIONAL YOGYAKARTA

Christantyo, Bernandus Bobby (2016) PENGARUH ASOSIASI MEREK HONDA JAZZ TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL HONDA JAZZ PADA ANGGOTA JAZZ FIT CLUB REGIONAL YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fenomena serbuan berbagai macam merek mobil dari pabrikan asal negaranegara Asia dan Eropa yang sebelumnya belum pernah menjajal Indonesia, kini dengan berani menwarkan produk-produknya dengan harga murah. Sebelum memutuskan untuk membeli mobil, para konsumen harus mempunyai keyakinan terlebih dahulu terhadap suatu merek, dan tugas perusahaan adalah mengidentifikasi elemen ekuitas merek yang bisa mempengaruhi rasa percaya diri pelanggan atas keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah asosiasi merek Honda Jazz berpengaruh pada keputusan pembelian Honda jazz pada anggota Jazz Fit Club regional Yogyakarta. Variabel-variabel yang diteliti adalah asosiasi merek, keputusan pembelian serta sumber informasi yang berupa kelompok acuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan secara bertemu langsung dan penulis menyebar kuesioner kepada para anggota komunitas Jazz Fit Club pada bulan November – Desember 2015. Jumlah populasi 130 orang, dan penulis mengambil sampel sejumlah 100 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang didapatkan melalui survei kuesioner kepada responden dan juga data berupa studi kepustakaan, brosur Honda Jazz dan dokumentasi lain yang diambil dari sistem online. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi, dan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan program SPSS 21. Desain bagus dan menarik yang dimiliki Honda Jazz serta kemampuan Honda Jazz untuk menjadi cerminan masyarakat urban (perkotaan) diyakini dapat meningkatkan keputusan pembelian para konsumen. Oleh karena itu sejak awal peluncurannya, Honda Jazz memunculkan asosiasi-asosiasi yang bisa mewakili konsumennya. Penelitian ini membuktikan bahwa asosiasi merek yang berupa desain Honda Jazz yang bagus dan Honda Jazz yang erat dengan masyarakat perkotaan mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini juga membuktikan bahwa informasi yang didapatkan konsumen dari anggota komunitas otomotif juga mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hanya 3 dari 10 asosiasi merek yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian, yaitu desain yang bagus (probabilitas 0,003), erat dengan masyarakat perkotaan (probabilitas 0,000) dan erat dengan anak muda (probabilitas 0,036). Oleh karena itu perusahaan diharapkan menampilkan iklan dalam tayangan di televisi maupun di media cetak, harus memuat unsur-unsur asosiasi dengan lebih detail, seperti foto produk diperlihatkan dengan jelas (desain yang bagus & varian warna yang menarik), menggunakan background landscape perkotaan (erat dengan masyarakat kota), model iklan anak muda (erat dengan anak muda), mencamtumkan harga yang jelas, memberikan garansi dalam jangka panjang, fitur-fitur dicantumkan dengan jelas

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Asosiasi Merek, Keputusan Pembelian, Kelompok Acuan
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Aug 2016 09:47
Last Modified: 19 Aug 2016 09:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10130

Actions (login required)

View Item View Item