ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN KERJA TERHADAP TINGKAT PRODUKTIVITAS KERJA TUKANG BATU PADA PROYEK BANGUNAN GEDUNG

Wicaksono, Leonardus Kuntoro (2002) ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN KERJA TERHADAP TINGKAT PRODUKTIVITAS KERJA TUKANG BATU PADA PROYEK BANGUNAN GEDUNG. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS09082.pdf

Download (185Kb)
[img] Text (Bab I)
1TS09082.pdf

Download (88Kb)
[img] Text (Bab II)
2TS09082.pdf

Download (251Kb)
[img] Text (Bab III)
3TS09082.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TS09082.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203Kb)
[img] Text (Bab V)
5TS09082.pdf

Download (1048Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh antara faktor-faktor kepuasan kerja terhadap tingkat produktivitas kerja tukang batu pada proyek bangunan gedung. Faktor-faktor kepuasan kerja dalam penelitian ini meliputi faktor finansial, faktor fisik, faktor sosial dan faktor psikologis. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan dua Cara. Untuk pengumpulan data mengenai kepuasan kerja menggunakan cara menyebarkan kuesioner kepada seluruh.tukang batu. Sedangkan untuk pengumpulan data mengenai produktivitas tukang batu menggunakan cara pengamatan dan pencatatan langsung di lapangan. Dalarn menguji pengaruh antara faktor-faktor kepuasan kerja terhadap produktivitas kerja, digunakan analisis korelasi dan regresi berganda. Hasil analisis antara faktor-faktor kepuasan kerja ( faktor finansial, faktor fisik, faktor sosial, faktor psikologis) dengan produktivitas kerja menunjukkan bal:wa ada korelasi yang signifikan (r = 0,81 ; p=0,000). Sedangkan kontribusi faktor-faktor kepuasan kerja terhadap produktivitas kerja sebesar 73,5% ( R= 0,735). Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji koefsien regresi secara bersama mengindikasikan bahwa secara bersama-sama faktor finansial, faktor fisik, faktor sosial dan faktor psikologis mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kerja. Tetapi untuk pengujian menggunakan uji koefisien regresi secara parsial, hanya dua variabel yang mempunyai pengaruh yang signifikan, yaitu faktor finansial dan taktor tisik. Sedangkan faktor sosial dan psikologis tidak mempunyai pengaruh yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa semakin tinggi kepuasan kerja, semakin tinggi pula produktivitas kerja tukang batu. Faktor-faktor kepuasan kerja _yang mempunyai pengaruh yang signifikan adalah faktor finansial dan fisik, sedangkan faktor kepuasan kerja yang paling kuat penganilmya terhadap produktivitas kerja tukang batu adalah faktor fisik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Sep 2016 12:59
Last Modified: 02 Sep 2016 12:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10229

Actions (login required)

View Item View Item