PENGARUH SKEPTISISME PROFESIONAL AUDITOR TERHADAP KEMAMPUAN AUDITOR MENDETEKSI KECURANGAN (Studi pada Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan DIY)

Lovita, Lily (2016) PENGARUH SKEPTISISME PROFESIONAL AUDITOR TERHADAP KEMAMPUAN AUDITOR MENDETEKSI KECURANGAN (Studi pada Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan DIY). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0EA19780.pdf

Download (859Kb)
[img] Text (BAB I)
1EA19780.pdf

Download (227Kb)
[img] Text (BAB II)
2EA19780.pdf

Download (1852Kb)
[img] Text (BAB III)
3EA19780.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470Kb)
[img] Text (BAB IV)
4EA19780.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660Kb)
[img] Text (BAB V)
5EA19780.pdf

Download (1762Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali pengaruh dari skeptisisme profesional auditor terhadap kemampuan auditor mendeteksi kecurangan. Data penelitian menggunakan data primer dari penyebaran kuesioner pada auditor Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan DIY. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan skala Likert. Alat analisis yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana. Terdapat empat kasus riil yang digunakan untuk mengukur kemampuan auditor mendeteksi kecurangan pada akun pendapatan dan aset tetap. Hasil analisis pada 3 kasus red flags menunjukkan bahwa skeptisisme profesional auditor tidak berpengaruh terhadap kemampuan auditor mendeteksi kecurangan. Hasi lainnya menyebutkan skeptisisme profesional auditor berpengaruh negatif terhadap kemampuan auditor mendeteksi kecurangan. Hal ini terjadi karena permasalahan bukti kepemilikan aset sudah menjadi masalah yang berulang dan tidak kunjung diselesaikan. Berdasarkan penilaian, kemungkinan kecil jika disebabakan fraud, namun lebih pada masalah administrasi dan koordinasi antar institusi yang perlu diperbaiki. Sedangkan untuk akun pendapatan kemungkinan disebabkan adanya bias karena tidak terjun langsung sebagai auditor, keterbatasan waktu pemeriksaan lapangan dan auditor beranggapan bahwa masih ada pemeriksaan lanjutan (Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Fraud, Skeptisisme Profesional Auditor, Kemampuan Auditor Mendeteksi Kecurangan, Auditor BPK, Pemeriksaan Keuangan Negara
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Sep 2016 12:31
Last Modified: 13 Sep 2016 12:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10316

Actions (login required)

View Item View Item