KEPUASAN ANGGOTA KOMUNITAS WEBSITE AYAHBUNDA.CO.ID DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TERHADAP INFORMASI RUBRIK NUTRISI “MAJALAH AYAHBUNDA” (Studi Deskriptif Kuantitatif Tingkat Kepuasan Anggota Komunitas Website Ayahbunda.co.id di Daerah Istimewa Yogyakarta terhadap Informasi Rubrik Nutrisi “Majalah Ayahbunda”)

Putri, Maria Stella Vita Eka (2012) KEPUASAN ANGGOTA KOMUNITAS WEBSITE AYAHBUNDA.CO.ID DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TERHADAP INFORMASI RUBRIK NUTRISI “MAJALAH AYAHBUNDA” (Studi Deskriptif Kuantitatif Tingkat Kepuasan Anggota Komunitas Website Ayahbunda.co.id di Daerah Istimewa Yogyakarta terhadap Informasi Rubrik Nutrisi “Majalah Ayahbunda”). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02959.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02959.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM02959.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
3KOM02959.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02959.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan media massa di Indonesia dapat dikatakan pesat, seiring dengan hadirnya banyak media massa cetak maupun elektronik. Fenomena yang terjadi dalam industri media massa khususnya dalam hal ini majalah. Pergeseran jenis majalah dari umum ke majalah spesialis atau khusus membawa angin segar pada industri penerbitan majalah. Persaingan terjadi bukan dari sisi komersialisasi berupa iklan, namun konten atau isi majalah juga menjadi perhatian yang sangat penting. Para pelaku media cetak tentu harus mengolah secara matang dalam membaca keinginan pembaca yang semakin besar. Media berusaha mendapatkan jumlah pembaca yang banyak dengan cara memberikan kepada masyarakat yang dibutuhkan atau diinginkan melalui informasi untuk memenuhi kebutuhan dalam hal memperluas pengetahuan atau wawasan. Konten atau isi majalah yang mereka ulas dihadirkan dengan topik serta tema yang menarik sesuai dengan keinginan pasar atau pembaca. Salah satu media massa cetak yang termasuk kategori khusus adalah Majalah Ayahbunda. Sebagai media cetak yang lahir dan berkembang dari kelompok penerbitan Femina, Majalah Ayahbunda khususnya Rubrik Nutrisi harus melihat apa yang sebenarnya dicari dan diinginkan oleh khalayak atau pembacanya. Terlebih tagline Majalah Ayahbunda adalah bacaan bagi pasangan muda. Berkaitan dengan kebutuhan atau harapan yang diinginkan oleh khalayak dalam hal ini adalah anggota komunitas website ayahbunda.co.id di Daerah Istimewa Yogyakarta (Gratification Sought) dengan apa yang diperoleh berkaitan dengan kepuasan terhadap pemenuhan kebutuhan yang diinginkan (Gratification Obtained), dalam hal ini kepuasan khalayak anggota komunitas website ayahbunda.co.id di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat kepuasan pembaca majalah Ayahbunda pada anggota komunitas website ayahbunda.co.id di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam membaca informasi Rubrik Nutrisi di majalah Ayahbunda. Rumusan masalah penelitian ini yaitu; adakah kepuasaan anggota komunitas website ayahbunda.co.id di DIY terhadap informasi Rubrik Nutrisi di Majalah Ayahbunda, apakah terdapat perbedaan kepuasan antara Gratification Sought (GS) dan Gratification Obtained (GO) anggota komunitas website ayahbunda.co.id di DIY terhadap informasi Rubrik Nutrisi di Majalah Ayahbunda. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 70 orang responden berdasarkan metode purposive sampling. Responden adalah pembaca Majalah Ayahbunda yang tergabung sebagai anggota komunitas website ayahbunda.co.id yang berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta dan sudah menikah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi Rubrik Nutrisi di Majalah Ayahbunda berdasarkan hasil uji mean pada kategori motif informasi, motif identitas personal dan motif interaksi sosial yaitu jumlah skor mean GS lebih kecil dibandingkan dengan jumlah skor mean GO sebesar 0,12, yang berarti terjadi kepuasan pada ke tiga kategori motif tersebut. Pada kategori motif hiburan terjadi kesenjangan skor mean GS lebih besar dari skor mean GO dengan skor mean -0,02 sehingga tidak memuaskan khalayak. Namun berdasarkan selisih skor mean pada setiap kategori yang sangat kecil dapat dikatakan bahwa pada setiap kategori menunjukkan hasil GS=GO. Berdasarkan tabulasi silang berdasarkan karakteristik diperoleh hasil bahwa kebutuhan dan kepuasan responden pada kategori hiburan terjadi berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan dan jumlah anak. Sementara tabulasi silang berdasarkan pendidikan terakhir terjadi pada kategori identitas personal dan hiburan pembaca terhadap informasi Rubrik Nutrisi di Majalah Ayahbunda. Jika dilihat secara statistik dengan uji t-test terdapat perbedaan rata-rata yang tidak signifikan antara GS dan GO baik pada motif informasi, motif identitas personal, motif interaksi sosial dan motif hiburan. Perbedaan yang tidak signifikan tersebut menunjukkan bahwa motif dan kepuasan dianggap tidak memiliki perbedaan atau dengan kata lain GS=GO. Hal ini menunjukkan bahwa kebutuhan responden sudah terpenuhi namun Rubrik Nutrisi di Majalah Ayahbunda belum memberikan kepuasan secara lebih dari apa yang responden harapkan GS>GO.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kebutuhan (Gratification Sought), konsumsi media, kepuasan (Gratification Obtained), tabulasi silang dan khalayak.
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Apr 2013 12:53
Last Modified: 01 May 2013 11:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1038

Actions (login required)

View Item View Item