PERANCANGAN ANTARMUKA M-LEARNING BERDASARKAN ANALISIS ASPEK EMOSIONAL DI UNIVERSITAS PALANGKARAYA

CHRISTIAN, EFRANS (2016) PERANCANGAN ANTARMUKA M-LEARNING BERDASARKAN ANALISIS ASPEK EMOSIONAL DI UNIVERSITAS PALANGKARAYA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MTF02294.pdf

Download (423Kb)
[img] Text (BAB I)
1MTF02294.pdf

Download (141Kb)
[img] Text (BAB II)
2MTF02294.pdf

Download (134Kb)
[img] Text (BAB III)
3MTF02294.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290Kb)
[img] Text (BAB IV)
4MTF02294.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1086Kb)
[img] Text (BAB V)
5MTF02294.pdf

Download (395Kb)
[img] Text (BAB VI)
6MTF02294.pdf

Download (437Kb)

Abstract

Keadaan emosi positif dapat dipengaruhi atau dimunculkan oleh adanya rangsangan dari dalam atau dari luar tubuh. Elemen desain merupakan salah satu jenis rangsangan yang dapat mempengaruhi keadaan emosi. Elemen desain warna dan bentuk memiliki potensi dalam mempengaruhi keadaan emosi seseorang. Penelitian ini terbagi kedalam dua tahap eksperimen, ekperimen pertama dilakukan untuk menguji penggunaan elemen desain warna yaitu, merah, hijau, biru dan kuning dan karakteristik bentuk yaitu bulat (round) dan kaku (angular). Eksperimen kedua dilakukan untuk menguji prototype mobile learning yang menerapkan elemen desain dari hasil eksperimen satu. Pengujian dilakukan untuk mengukur persepsi 41 orang responden terhadap stimulan elemen desain dan prototype m-learning dengan menggunakan instrumen SAM Questioner yang kemudian dianalisis menggunakan One-Way Anova. Hasil dari eksperimen satu menunjukkan bahwa warna merah (M=4,0244, SD=0,72415), dan biru (M= 4,0732 , SD=0,87722) dapat membangkitkan keadaan emosi positif sedangkan kuning (M=2,9756, SD=1,06037) lebih membangkitkan keadaan emosi negatif, dan untuk elemen desain bentuk, karakteristik bentuk bulat (round) (M=3,6098, SD=0,83301) memiliki potensi untuk membangkitkan keadaan emosi positif. Hasil eksperimen dua menunjukkan prototype mobile learning dengan penerapan elemen desain warna biru dan karakteristik bentuk bulat lebih mampu untuk membangkitkan keadaan emosi positif (M=4,2439, SD=0,73418), juga dengan prototype mobile learning yang menerapkan elemen desain warna merah dan karakteristik bentuk bulat (M=4,0488, SD=0,66900).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: emosi positif, elemen desain, mobile learning
Subjects: Magister Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Oct 2016 08:46
Last Modified: 05 Oct 2016 08:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10466

Actions (login required)

View Item View Item