CHRISTIAN, EFRANS (2016) PERANCANGAN ANTARMUKA M-LEARNING BERDASARKAN ANALISIS ASPEK EMOSIONAL DI UNIVERSITAS PALANGKARAYA. S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
0MTF02294.pdf Download (433kB) |
|
Text (BAB I)
1MTF02294.pdf Download (145kB) |
|
Text (BAB II)
2MTF02294.pdf Download (138kB) |
|
Text (BAB III)
3MTF02294.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
|
Text (BAB IV)
4MTF02294.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
5MTF02294.pdf Download (404kB) |
|
Text (BAB VI)
6MTF02294.pdf Download (448kB) |
Abstract
Keadaan emosi positif dapat dipengaruhi atau dimunculkan oleh adanya rangsangan dari dalam atau dari luar tubuh. Elemen desain merupakan salah satu jenis rangsangan yang dapat mempengaruhi keadaan emosi. Elemen desain warna dan bentuk memiliki potensi dalam mempengaruhi keadaan emosi seseorang. Penelitian ini terbagi kedalam dua tahap eksperimen, ekperimen pertama dilakukan untuk menguji penggunaan elemen desain warna yaitu, merah, hijau, biru dan kuning dan karakteristik bentuk yaitu bulat (round) dan kaku (angular). Eksperimen kedua dilakukan untuk menguji prototype mobile learning yang menerapkan elemen desain dari hasil eksperimen satu. Pengujian dilakukan untuk mengukur persepsi 41 orang responden terhadap stimulan elemen desain dan prototype m-learning dengan menggunakan instrumen SAM Questioner yang kemudian dianalisis menggunakan One-Way Anova. Hasil dari eksperimen satu menunjukkan bahwa warna merah (M=4,0244, SD=0,72415), dan biru (M= 4,0732 , SD=0,87722) dapat membangkitkan keadaan emosi positif sedangkan kuning (M=2,9756, SD=1,06037) lebih membangkitkan keadaan emosi negatif, dan untuk elemen desain bentuk, karakteristik bentuk bulat (round) (M=3,6098, SD=0,83301) memiliki potensi untuk membangkitkan keadaan emosi positif. Hasil eksperimen dua menunjukkan prototype mobile learning dengan penerapan elemen desain warna biru dan karakteristik bentuk bulat lebih mampu untuk membangkitkan keadaan emosi positif (M=4,2439, SD=0,73418), juga dengan prototype mobile learning yang menerapkan elemen desain warna merah dan karakteristik bentuk bulat (M=4,0488, SD=0,66900).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | emosi positif, elemen desain, mobile learning |
Subjects: | Magister Teknik Informatika > Mobile Computing |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 05 Oct 2016 08:46 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 08:46 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10466 |
Actions (login required)
View Item |