PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE MENGGUNAKAN KERANGKA ZACHMAN (STUDI KASUS: DEPARTEMEN MARKETING PT. SUMBER BUANA MOTOR YOGYAKARTA)

Setiawan, Erik (2016) PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE MENGGUNAKAN KERANGKA ZACHMAN (STUDI KASUS: DEPARTEMEN MARKETING PT. SUMBER BUANA MOTOR YOGYAKARTA). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MTF02237.pdf

Download (619kB)
[img] Text (BAB I)
1MTF02237.pdf

Download (158kB)
[img] Text (BAB II)
2MTF02237.pdf

Download (143kB)
[img] Text (BAB III)
3MTF02237.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (BAB IV)
4MTF02237.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text (BAB V)
5MTF02237.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
6MTF02237.pdf

Download (1MB)

Abstract

Menurunnya angka penjualan produk Kawasaki di PT. Sumber Buana Motor Yogyakarta mengindikasikan bahwa ada beberapa strategi bisnis yang belum berjalan dengan baik. Menjadi salah satu agen penjualan pada pangsa pasar kelas menengah keatas yang dipilih belum menjadi strategi yang benar-benar efektif. Hal ini bisa dipengaruhi oleh kebutuhan masyarakat luas, harga yang lebih murah dari kompetitor, pelayanan, dan kemudahan akses. Untuk bisa bersaing di dunia bisnis otomotif, PT. Sumber Buana Motor Yogyakarta perlu mengembangkan strategi bisnisnya. Segmentasi pasar untuk kalangan menengah ke atas memiliki peluang yang lebih kecil dibandingkan dengan saingannya. Terlebih lagi dengan perkembangan teknologi informasi dan sistem informasi yang bisa mendukung peningkatan proses bisnis di era modern seperti saat ini. Bagi dunia bisnis, teknologi informasi digunakan pada berbagai bidang. Teknologi informasi dan sistem informasi memiliki kemampuan yang sangat baik dalam ketepatan pengolahan informasi dan penyebarannya, meningkatkan pemasaran, standardisasi informasi yang digunakan, hemat biaya dan masih banyak lagi kemampuan yang bisa digunakan untuk mendukung proses bisnis. Pada penelitian ini, perancangan arsitektur enterprise dibuat dengan menggunakan kerangka Zachman. Pada tahap analisis, dilakukan analisa dengan alat bantu analisis rantai nilai proses bisnis organisasi untuk mengetahui teknologi yang sesuai untuk mendukung proses bisnis tersebut. Hasil identifikasi teknologi pendukung bisnis tersebut disusun untuk membantu perancangan arsitektur sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi bisnis, teknologi informasi, sistem informasi, arsitektur enterprise, kerangka Zachman
Subjects: Magister Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Oct 2016 09:05
Last Modified: 05 Oct 2016 09:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10468

Actions (login required)

View Item View Item