ANALISIS REACTANCE EFFECT DALAM PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN REMAJA TERHADAP PERSEPSI ORANGTUA DAN TEMAN PADA KATEGORI PRODUK POSITIF DAN NEGATIF

Nugrahaningsih, Sylvia (2005) ANALISIS REACTANCE EFFECT DALAM PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN REMAJA TERHADAP PERSEPSI ORANGTUA DAN TEMAN PADA KATEGORI PRODUK POSITIF DAN NEGATIF. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0EM12700.pdf

Download (192Kb)
[img] Text (Bab I)
1EM12700.pdf

Download (132Kb)
[img] Text (Bab II)
2EM12700.pdf

Download (264Kb)
[img] Text (Bab III)
3EM12700.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164Kb)
[img] Text (Bab IV)
4EM12700.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371Kb)
[img] Text (Bab V)
5EM12700.pdf

Download (1057Kb)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan pengertian mengenai peruhahan pcrilaku konsumen remaja terhadap persepsi orangtua dan teman pada kategori produk positif dan negatif. Perubahan perilaku remaja yang menentang terhadap larangan orangtua iiii disebut perilaku reactance. Bcrdasarkan karaktcristik demografi, sikap reactance anak akan dibandingkan berdasarkan usia remaja yakni, usia pra remaja (SMP) dan usia remaja (SMU), serta berdasarkan perbedaan jenis kelamin remaja. Persepsi teman merupakan bagian kelompok referensi yang dapat menyebabkan perubahan perilaku terhadap suatu produk/jasa. Untuk mengetahui bagaimana perubahan sikap, perilaku remaja setelah mengetahui persepsi dari teman, dibandingkan berdasarkan karakteristik usia remaja dan jenis kelamin. Responden dalam penelitian ini berjumlah 209 responden dimana 103 responden orangtua untuk mengetahui kategori produk dan 103 responden pra remaja (SMP) dan remaja (SMU). Hasil analisis menggunakan Independent Sampel T-test menunjukkan sayuran dan komputer adalah kategori produk positif, sedangkan kategori produk negatif adalah rokok, minuman beralkohol, dan kafe. Sikap reactance remaja berdasarkan usia remaja, ditunjukkan remaja usia SMU dengan produk rokok dan minuman beralkohol yang secara nyata menunjukkan sikap reactance. Berdasarkan jenis kelamin, sikap reactance remaja terhadap larangan orangtua lebih ditunjukkan oleh remaja putri dibandingkan remaja putra, yang secara signifikan ditunjukkan pada produk encyclopedia. dan rokok, menu rut mereka orangtua tidak akan melarang remaja mengkonsumsi encyclopedi karena encyclopedi merupakan kategori produk positif menurut orangtua. Perubahan sikap, perilaku terhadap suatu produk/jasa setelah mereka mengetahui teman tidak menyukai, berdasarkan perbedaan tingkat usia pra remaja (SMP) dan remaja (SMU), perubahan perilaku lebih besar terjadi pada remaja usia SMU. Rokok dan minuman beralkohol menunjukkan secara nyata bahwa remaja SMU akan lebih berubah perilakunya karena adanya persepsi teman. Perubahan sikap, perilaku remaja terhadap persepsi teman pada kategori produk lebih ditunjukkan oleh remaja putri dibandingkan remaja laki-laki. Rokok merupakan produk yang menunjukkan adanya perubahan sikap, perilaku remaja karena adanya persepsi teman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perilaku konsumen remaja, reactance, karakteristik demografi, persepsi orangtu dan teman, produk positif dan negatif.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Oct 2016 09:16
Last Modified: 05 Oct 2016 09:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10469

Actions (login required)

View Item View Item