PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN TOGAF DAN IT BALANCED SCORECARD ( STUDI KASUS : UNIVERSITAS SATRIA MAKASSAR )

MUALO, ARDHYANSYAH (2016) PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN TOGAF DAN IT BALANCED SCORECARD ( STUDI KASUS : UNIVERSITAS SATRIA MAKASSAR ). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MTF02238.pdf

Download (10MB)
[img] Text (BAB I)
1MTF02238.pdf

Download (316kB)
[img] Text (BAB II)
2MTF02238.pdf

Download (460kB)
[img] Text (BAB III)
3MTF02238.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] Text (BAB IV)
4MTF02238.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text (BAB V)
5MTF02238.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB VI)
6MTF02238.pdf

Download (320kB)

Abstract

Proses bisnis pada dunia pendidikan menuntut perguruan tinggi untuk dapat mengelola informasi dengan baik dan kebutuhan akan informasi masing-masing pihak yang berkepentingan dapat terpenuhi dengan cepat dan tepat. Pengembangan EA (Enterprise Architecture) di perguruan tinggi merupakan pekerjaan yang besar dan penuh dengan tantangan. Universitas Satria Makassar mempunyai masalah dalam pertukaran informasi antar unit yang membuat pelaporan eksternal pada unit tertentu sulit untuk dilakukan sehingga menghabiskan waktu yang cukup panjang. Pelaporan yang dilakukan dengan memilah-milah berkas yang masuk berdasarkan unit kemudian di proses menjadikan informasi yang dibutuhkan oleh pemangku kepentingan (stakeholder) tidak mudah didapat dan pelayanan akademik yang lama. Penyelesaian yang penulis ajukan dianalisis menggunakan TOGAF (The Open Group Architecture Framework) dan IT Balanced Scorecard untuk membuat usulan rencana strategis sistem informasi dalam rangka menyelaraskan visi dan misi untuk meningkatkan efisiensi pelayanan serta mendukung rencana strategis organisasi. TOGAF dan IT Balanced Scorecard merupakan framework yang kompleks yang mampu memenuhi semua kebutuhan dalam pengembangan EA. Capaian yang dicapai dalam penelitian ini adalah menghasilkan sebuah usulan rencana strategis sistem informasi berupa blue print pengembangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Akademik, Blue Print, EA, Rencana Strategis, TOGAF, IT Balanced Scorecard
Subjects: Magister Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Oct 2016 09:51
Last Modified: 05 Oct 2016 09:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10471

Actions (login required)

View Item View Item