HUBUNGAN TINGKAT PERSUASI DAN MINAT (Studi Korelasi Antara Tingkat Persuasi Presentasi Program “Goes To School” Dutawisata Kabupaten Klaten Dengan Minatm Siswa SMA III Klaten Mengunjungi Obyek Wisata Di Klaten)

Ismoyo, Hamenang Wajar (2012) HUBUNGAN TINGKAT PERSUASI DAN MINAT (Studi Korelasi Antara Tingkat Persuasi Presentasi Program “Goes To School” Dutawisata Kabupaten Klaten Dengan Minatm Siswa SMA III Klaten Mengunjungi Obyek Wisata Di Klaten). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03149.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03149.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03149.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03149.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03149.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Presentasi yang informatif dan persuasif bisa menimbulkan minat komunikan untuk memenuhi apa yang diinginkan komunikator. ADWINDO sebagai komunikator yang selain mensosialisasikan ADWINDO dan pemilihan Mas/Mbak Klaten juga mempromosikan pariwisata di Klaten dengan tujuan agar para pelajar berminat mengunjungi tempat wisata yang dipromosikannya. Tujuan kegiatan ini akan dapat tercapai jika presentasi yang disampaikan ADWINDO bisa menimbulkan minat pelajar SMA Klaten untuk mengunjungi tempat pariwisata di wilayah Kabupaten Klaten. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar korelasi antara tingkat persuasi presentasi program “goes to school” Dutawisata Kabupaten Klaten dengan minat siswa SMA III Klaten mengunjungi obyek wisata di Klaten. Tipe penelitian ini adalah penelitian korelasional. Instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif menggunakan analisis mean aritmatika dan uji hipotesisnya menggunakan analisis data statistik korelasi product moment dari Karl Pearson. Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif dengan mean aritmatika diperoleh hasil: (a) variabel tingkat persuasi presentasi program “goes to school” Dutawisata Kabupaten Klaten masuk dalam kategori tinggi dengan mean sebesar 55,34; (b) variabel minat siswa SMA III Klaten mengunjungi obyek wisata di Klaten masuk dalam kategori tinggi dengan mean sebesar 21,03; (2) hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa koefisien korelasi (rhitung) sebesar 0,395 lebih besar dari rtabel (0,205) untuk taraf signifikansi 5% atau rhitung > rtabel, sehingga hipotesis nol yang menyatakan “Tidak ada korelasi korelasi antara tingkat persuasi presentasi program “goes to school” Dutawisata Kabupaten Klaten dengan minat siswa SMA III Klaten mengunjungi obyek wisata di Klaten” dinyatakan ditolak atau dengan kata lain terdapat korelasi korelasi antara tingkat persuasi presentasi program “goes to school” Dutawisata Kabupaten Klaten dengan minat siswa SMA III Klaten mengunjungi obyek wisata di Klaten.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: korelasi, tingkat persuasi presentasi, minat mengunjungi objek wisata.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Apr 2013 13:41
Last Modified: 01 May 2013 10:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1051

Actions (login required)

View Item View Item