ANALISIS KONDISI INFRASTRUKTUR DENGAN MENGGUNAKAN SKALA PENILAIAN ASCE DI PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

WIJAYA, EKA (2016) ANALISIS KONDISI INFRASTRUKTUR DENGAN MENGGUNAKAN SKALA PENILAIAN ASCE DI PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS14374.pdf

Download (1950Kb)
[img] Text (Bab I)
1TS14374.pdf

Download (60Kb)
[img] Text (Bab II)
2TS14374.pdf

Download (164Kb)
[img] Text (Bab III)
3TS14374.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TS14374.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1195Kb)
[img] Text (Bab V)
5TS14374.pdf

Download (781Kb)

Abstract

Indonesia merupakan sebuah negara yang berkembang, sehingga pembangunan infrastruktur di Indonesia merupakan salah satu hal yang penting. Ketersediaan infrastruktur yang memadai merupakan kunci sukses dalam pembangunan suatu negara, baik menyangkut pembangunan ekonomi dan sosial. Untuk dapat mengetahui kondisi dan kelayakan infrastruktur di suatu daerah, bisa menggunakan acuan dari report card ASCE (American Society of Civil Engineers) yang telah mempublikasikan beberapa laporan struktur dan sejumlah laporan status yang telah dimutakhirkan datanya sehingga dapat berpotensi untuk memberi solusi dalam peningkatan infrastruktur suatu daerah pada masa yang akan datang. Tujuan Penilitian ini adalah menilai sampai sejauh mana kelayakan dan kondisi infrastruktur di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menurut para insinyur teknik sipil di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan menggunakan bantuan aspek penilaian ASCE dan membandingkan infrastruktur di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Provinsi Kepulauan Riau. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Kuesioner dibagi menjadi dua bagian, bagian pertama adalah data umum responden yang berupa ahli bidang, pekerjaan, pendidikan formal terakhir dan pengalaman kerja responden sedangkan bagian kedua, responden diminta untuk memberikan nilai pada setiap infrastruktur yang diteliti. Data kuesioner pada bagian kedua dianalisis dengan metode mean dan standar deviasi untuk kemudian dianalisis kembali sehingga diperoleh rating dan nilai pada setiap infrastruktur. Setelah itu menggunakan Independent T-test untuk mengetahui perbandingan infrastruktur di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Kepulauan Riau. Berdasarkan hasil analisis infrastruktur di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diperoleh nilai mean 2,91 dengan rating 58,3% dengan nilai Infrastruktur “D”. Untuk perbandingan infrastruktur di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Provinsi Kepulauan Riau menggunakan Ttest didapatkan hasil bahwa nilai t hitung (equal variance assumed) adalah -0,362 dengan signifikansi 2-tailed adalah 0,718 > 0,05 sehingga Ho diterima, maka artinya tidak ada perbedaan antara infrastruktur di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Kepulauan Riau.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Infrastruktur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kelayakan infrastruktur, rating dan nilai infrastruktur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, laporan kondisi infrastruktur
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Oct 2016 08:36
Last Modified: 21 Oct 2016 08:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10539

Actions (login required)

View Item View Item