PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEMASAN HANDPHONE IMITATIF ( Studi Deskriptif Kualitatif Perbandingan Persepsi konsumen Tentang Kemasan Primer Handphone – Handphone imitatif dan Kemasan Primer Handphone Merek Nokia dan Blackberry)

Putra, Dwika Mahardhika Wandawa (2012) PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEMASAN HANDPHONE IMITATIF ( Studi Deskriptif Kualitatif Perbandingan Persepsi konsumen Tentang Kemasan Primer Handphone – Handphone imitatif dan Kemasan Primer Handphone Merek Nokia dan Blackberry). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03197.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03197.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03197.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03197.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03197.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

Pemakaian handphone untuk sebagian masyarakat telah menjadi bagian dari gaya hidup mereka, ada pula yang menjadikannya sebagai identitas pergaulan, nila dikaitkan dengan handphone yang memiliki brand image. Pasar produk handphone mempengaruhi kemampuan produk untuk berkompetisi yang semakin rendah dengan banyaknya kompetitior yang harus disaingi. Bahkan tak urung, banyak handphone yang mempunyai desain cashing atau kemasan primer yang hampir sama agar konsumen mudah tertarik dan menyamakan dengan handphone yang pernah ada sebelumnya. Kesamaan desain casing biasanya terlihat dari warna yang dipakai dengan memakai warna, logo dengan nada yang hampir sama. Peneliti memilih topik diatas karena adanya fenomena casing atau kemasan primer handphone buatan china yang terlihat memiliki karakter yang menyerupai kemasan primer handphone ternama terutama dan segi desain, visual baik warna, logo dan mereknya, membuat peneltiti ingin mengetahui bagaimana konsumen membentuk persepsi terhadap kemasan primer handphone yang mengimitasi merek-merek terkenal seperti Nokia dan Blackberry. Suatu jenis produk yang mempunyai banyak merek pengimitasi dengan desain cashing yang hampir sama tentu akan mempengaruhi persepsi konsumen terhadap produk tersebut. Oleh sebab itu, penulis mencoba membahas dan meneliti mengenai persepsi konsumen terhadap kemasan primer tersebut. Judul penelitian yang diambil adalah Persepsi Konsumen terhadap Kemasan Handphone Imitatif Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mendapatkan, memaparkan serta memberi gambaran paradigma tentang suatu gejala atau fenomena. Penelitian ini difokuskan pada persepsi konsumen terhadap tampilan visual kemasan primer handphone yang imitatif merek handphone Nokia dan Blackberry. Penelitian akan dilakukan dengan cara wawancara dan metode analisis data, data kualitatif yang telah diperoleh akan dianalisis melalui penggambaran fakta-fakta atau karakteristik yang sebernarnya yang bersumber dari data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan metode analisis data kualitatif menunjukkan bahwa responden mempunyai persepsi yang lebih baik terhadap handphone Nokia dan Blackberry dari pada kemasan primer handphone imitatif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Apr 2013 13:46
Last Modified: 29 Apr 2013 13:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1054

Actions (login required)

View Item View Item