EFEKTIVITAS INFORMASI PROMOSI PENJUALAN MELALUI TWITTER DALAM MEMBANGUN BRAND LOYALTY (Studi Kuantitatif Evaluatif Terhadap Tweet Informasi Promosi Penjualan dalam Membangun Brand Loyalty Followers @MovieboxJogja)

Murwanti, Lucia Nove (2012) EFEKTIVITAS INFORMASI PROMOSI PENJUALAN MELALUI TWITTER DALAM MEMBANGUN BRAND LOYALTY (Studi Kuantitatif Evaluatif Terhadap Tweet Informasi Promosi Penjualan dalam Membangun Brand Loyalty Followers @MovieboxJogja). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03287.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03287.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03287.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03287.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03287.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Teknologi internet yang semakin hari semakin bertambah pesat ini menjadi peluang usaha bagi sebagian orang. Tingginya tingkat popularitas Twitter di Indonesia menjanjikan begitu banyak peluang bagi pelaku bisnis di Indonesia. Lewat Twitter, pebisnis bisa melakukan promosi produk, informasi produk atau jasa perusahaan, meningkatkan brand awareness, riset pasar, berinteraksi dengan konsumen, membangun jaringan, menerima feedback dari pelanggan, meningkatkan komunikasi tim perusahaan, mengetahui posisi perusahaan di mata pasar, dan sebagainya. Begitu pula yang dilakukan oleh Movie Box dalam menyampaikan informasi promosi penjualannya dan menjalin komunikasi dengan para followersnya. Semakin komunikasi antara suatu merek dengan konsumen terjalin dengan baik, maka merek tersebut akan mendapat kepercayaan dari konsumen (brand trust), dan membuat konsumen tersebut menjadi loyal (brand loyalty). Apabila loyalitas konsumen meningkat, maka konsumen tersebut tidak akan rentan dari ancaman merek lain yang serupa produk atau jasanya. Loyalitas dapat diukur dengan pembelian berulang, pembelian antarlini produk dan jasa, melakukan referensi, dan menunjukkan kekebalan terhadap tarikan merek pesaing. Penelitian ini merupakan penelitian survei, menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitiannya. Kuesioner disebarakan kepada 98 responden yang merupakan followers dari @MovieboxJogja. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan uji validitas, uji reliabilitas, distribusi frekuensi, intervalisasi distribusi frekuensi, dan tabulasi silang. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data maka diperoleh hasil bahwa informasi promosi penjualan melalui Twitter efektif dalam membangun brand loyalty followers @MovieboxJogja, dan loyalitas para followers berada pada tingkat sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komunikasi pemasaran, promosi penjualan, jejaring sosial, brand loyalty.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 30 Apr 2013 07:57
Last Modified: 01 May 2013 10:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1059

Actions (login required)

View Item View Item