LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN RUMAH RETRET DENGAN ANALOGI BENTUK FILOSOFI HIDUP SANTO IGNATIUS LOYOLA DI TRITIS GUNUNGKIDUL

DEWI, VORTELISA ROSARI (2016) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN RUMAH RETRET DENGAN ANALOGI BENTUK FILOSOFI HIDUP SANTO IGNATIUS LOYOLA DI TRITIS GUNUNGKIDUL. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TA14222.pdf

Download (845Kb)
[img] Text (Bab I)
1TA14222.pdf

Download (361Kb)
[img] Text (Bab II)
2TA14222.pdf

Download (1556Kb)
[img] Text (Bab III)
3TA14222.pdf

Download (1312Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TA14222.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533Kb)
[img] Text (Bab V)
5TA14222.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2428Kb)
[img] Text (Bab VI )
6TA14222.pdf

Download (3850Kb)

Abstract

Perkembangan globalisasi di Indonesia saat ini mulai menguasai kehidupan masyarakat. Tanpa disadari perkembangan globalisasi juga membuat masing-masing individu terlalu sibuk dengan kepentingan duniawi. Disisi lain, masyarakat menginginkan kegiatan yang bermanfaat untuk mengisi waktu libur, salah satunya dengan bina iman. Melalu bina iman, seseorang akan memperoleh spirit yang baru untuk kembali menjalani rutinitas. Bagi umat kristiani, bina iman dapat dilakukan melalui kegiatan retret. Kegiatan retret sendiri membutuhkan media yang dapat mewadahi kegiatannya yaitu Rumah Retret. Rumah retret dengan ruang dan suasasana yang mendukung akan membantu kegiatan/proses retret berjalan sesuai dengan tujuan retret. Pada penulisan ini, “Rumah Retret dengan Analogi Bentuk Filosofi Hidup Santo Ignatius Loyola” akan mewadahi kegiatan retret dengan memberikan suasana meditatif. Melalui filosofi dari nilai hidup Santo Ignatius Loyola, kata kunci-kata kunci yang didapatkan dari perjalanan hidup Santo Ignatius Loyola akan ditransformasikan menjadi sebuah bentuk rumah retret melalui simbolik analogi. Pengolahan jenis bahan, warna, tekstur, dan proporsi pada elemenelemen pembatas dan pengisi akan diwujudkan menjadi rancangan rumah retret dengan karakter meditatif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Rumah Retret Meditatif, Filosofi Santo Ignatius Loyola, Simbolik Analogi dalam Arsitektur
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Nov 2016 09:13
Last Modified: 11 Nov 2016 09:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10759

Actions (login required)

View Item View Item