LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PENGEMBANGAN KAMPUNG NELAYAN DI DESA KARANGWUNI, KECAMATAN WATES, KULON PROGO BERBASIS EKOKULTUR

WULAN, ANGGUN SEPTIN KARTIKA (2016) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PENGEMBANGAN KAMPUNG NELAYAN DI DESA KARANGWUNI, KECAMATAN WATES, KULON PROGO BERBASIS EKOKULTUR. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TA14263.pdf

Download (4MB)
[img] Text (Bab I)
1TA14263.pdf

Download (566kB)
[img] Text (Bab II)
2TA14263.pdf

Download (741kB)
[img] Text (Bab III)
3TA14263.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab IV)
4TA14263.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
5TA14263.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Bab VI)
6TA14263.pdf

Download (4MB)

Abstract

Salah satu wujud pembangunan di sektor maritim (kelautan) adalah pembangunan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Tanjung Adikarto di Desa Karangwuni, Kecamatan Wates, Kulon Progo. Seiring dengan pembangunan Pelabuhan Adikarto, Desa Karangwuni diprediksi dalam beberapa tahun kedepan akan mengalami kenaikan dibidang kependudukan dan ekonomi sehingga dapat mengganggu vitalitas ruang Desa Karangwuni. Pengolahan area hunian, produksi, sarana dan prasarana desa diperlukan agar terintegrasi antara kebutuhan dan fungsi. Dalam perencanaan pengembangannya memperhatikan aspek keseimbangan budaya dan tidak merusak ekosistem lingkungan yang ada. Lingkungan permukiman nelayan memiliki karakteristik yang khas, yaitu daratan sebagai hunian, muara yang berair dan udara beraroma hasil laut. Penataan Kawasan Kampung Nelayan dikembangkan menjadi suatu perencanaan kawasan wisata yang berbasis ekokultur. Konsep wisata ekokultur merupakan konsep yang mengkombinasikan aspek ekologi dan budaya dalam menciptakan sebuah kawasan wisata. Area Pengembangan Kampung Nelayan dilengkapi fasilitas-fasilitas agar tercipta penataan kawasan dan sistem pengelolaan yang baik, nyaman bagi penghuni dan pengunjung dengan mengolah ruang luar – ruang dalam. Fasilitas yang dikembangkan dengan melihat: penyatuan suasana kampung nelayan – petani; fasilitas dapat digunakan bersama oleh warga Desa Karangwuni; serta karakter kawasan minapolitan dipertahankan dan unsur budaya lokal sebagai citra kawasan. Melalui rencana pengembangan ini Kampung Nelayan Desa Karangwuni diharapkan bisa menjadi kawasan yang tertata dan terencana sehingga mampu memberikan sebuah solusi yang tepat baik terhadap budaya sebagai nelayan dan petani serta menjaga nilai lokal dari Kampung Nelayan tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hunian, produksi, wisata, kawasan terintegrasi, ruang luar – ruang dalam, selaras ekokultur
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Nov 2016 07:48
Last Modified: 24 Nov 2016 07:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10815

Actions (login required)

View Item View Item