Pengimplementasian CRM pada Pembangunan E-Commerce untuk Usaha Mikro Kecil Menengah dengan Metode Proses Hirarki Analitik

Suryanto, Timothy Ryan (2016) Pengimplementasian CRM pada Pembangunan E-Commerce untuk Usaha Mikro Kecil Menengah dengan Metode Proses Hirarki Analitik. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TF06848.pdf

Download (5MB)
[img] Text (Bab I)
1TF06848.pdf

Download (223kB)
[img] Text (Bab II)
2TF06848.pdf

Download (196kB)
[img] Text (Bab III)
3TF06848.pdf

Download (300kB)
[img] Text (Bab IV)
4TF06848.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
5TF06848.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Bab VI)
6TF06848.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan e-commerce di Indonesia mengalami peningkatan secara pesat di beberapa tahun terakhir ini. Pertumbuhan ini membuat peluang e-commerce semakin terbuka lebar untuk menjadi salah satu jalan yang sangat baik untuk memajukan perusahaan. Tidak hanya bagi perusahaan dengan skala yang besar tetapi juga dengan skala yang kecil hingga menengah, tak terkecuali Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). UMKM yang memanfaatkan teknologi informasi tentu akan meningkatkan keunggulan dan daya saing di tengah persaingan usaha yang ketat. Trooper Electronic merupakan UMKM di Yogyakarta sebagai produsen efek gitar. Trooper Electronic ingin terus meningkatkan keunggulan dan daya saing dengan memanfaatkan teknologi informasi. Maka dari itu, dibangunlah sebuah e-commerce yang menerapkan Customer Relationship Management (CRM). Aplikasi web e-commerce yang dibagun terdiri dari dua bagian, yakni bagian panel admin dan bagian toko online. Aplikasi e-commerce juga dilengkapi dengan operational dan analytical CRM yang dibantu dengan menggunakan metode proses hirarki analitik (Analytical Hierarchy Process) dalam merekomendasikan suatu barang. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan mampu membantu UMKM dalam mengelola dan memasarkan barang, menjaga hubungan dengan para konsumen dengan implementasi operational dan analytical CRM demi meningkatnya keunggulan dan daya saing.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, CRM, UMKM, AHP.
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Dec 2016 08:44
Last Modified: 22 Dec 2016 08:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10913

Actions (login required)

View Item View Item