PENERAPAN GAMIFIKASI DALAM APLIKASI PEMBELAJARAN MUSIK

HARYANTO, BOBY (2016) PENERAPAN GAMIFIKASI DALAM APLIKASI PEMBELAJARAN MUSIK. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TF06623.pdf

Download (374Kb)
[img] Text (Bab I)
1TF06623.pdf

Download (202Kb)
[img] Text (Bab II)
2TF06623.pdf

Download (229Kb)
[img] Text (Bab III)
3TF06623.pdf

Download (323Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TF06623.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714Kb)
[img] Text (Bab V)
5TF06623.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1766Kb)
[img] Text (Bab VI)
6TF06623.pdf

Download (893Kb)

Abstract

Metode pembelajaran musik tradisional di berbagai institusi musik telah banyak membuat peserta didik bosan dan berujung pada berhentinya proses pembelajaran musik. Di samping itu, sebagian besar orang telah menggunakan smartphone ataupun komputer tablet untuk berbagai kebutuhan, salah satunya adalah edukasi. Mobile learning merupakan ekstensi dari e-learning yang menjadi salah satu konsekuensi dalam pembelajaran digital. E-learning pada umumnya hanya berfokus dalam penggunaan perangkat sehigga memberikan sedikit dorongan motivasi untuk belajar. Salah satu pendekatan untuk memberikan dorongan motivasi belajar adalah penerapan gamifikasi. Dengan pendekatan teknologi mobile, aplikasi pembelajaran musik “musicologist” dengan menerapkan gamifikasi untuk memberikan motivasi belajar bagi pengguna. Gamifikasi merupakan penggunaan elemen game untuk konteks non-game. Kategori gamer personality yang akan diterapkan pada aplikasi musicologist adalah mastermind. Sedangkan mekanika game yang diterapkan adalah points, levels (status & progress) dan badges. Pengujian usability pada gamifikasi dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh pengguna dapat menggunakan aplikasi. Nilai usability by SUS adalah 82.75% yang menunjukkan bahwa aplikasi termasuk acceptable bagi pengguna. SUS Score dikonfirmasi melalui hasil pengukuran sementara berdasarkan matriks dan kuesioner yang memberikan nilai effectiveness sebesar 89.04%, efficiency sebesar 89.21% dan satisfaction sebesar 81.33%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gamifikasi, mobile learning, musik, ios
Subjects: Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Jan 2017 09:56
Last Modified: 05 Jan 2017 09:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10925

Actions (login required)

View Item View Item