PEMBANGUNAN SISTEM REKOMENDASI PARIWISATA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE USER-BASED COLLABORATIVE FILTERING

HENDRAYANI, IVONNE LIDYA (2016) PEMBANGUNAN SISTEM REKOMENDASI PARIWISATA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE USER-BASED COLLABORATIVE FILTERING. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TF06968.pdf

Download (709Kb)
[img] Text (Bab I)
1TF06968.pdf

Download (353Kb)
[img] Text (Bab II)
2TF06968.pdf

Download (413Kb)
[img] Text (Bab III)
3TF06968.pdf

Download (525Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TF06968.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448Kb)
[img] Text (Bab V)
5TF06968.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1536Kb)
[img] Text (Bab VI)
6TF06968.pdf

Download (2668Kb)

Abstract

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki berbagai macam tempat wisata dengan berbagai macam jenis pariwisata. Banyak wisatawan lokal maupun asing yang tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut. Dalam memilih tempat wisata, adakalanya para wisatawan belum mengetahui tempat wisata yang akan dikunjungi sesuai atau tidak dengan keinginannya. Terkadang wisatawan yang hendak berkunjung ke tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta merasa kurang puas dikarenakan wisatawan tersebut salah memilih tempat wisata. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, diperlukan sebuah sistem yang dapat memberikan informasi dan merekomendasikan suatu tempat wisata kepada wisatawan. Sistem ini diharapkan memberikan informasi yang cepat, tepat, dan akurat. Sistem ini juga diharapkan mudah untuk diakses dimana dan kapan saja. Oleh karena itu, maka dibangunlah sebuah Sistem Rekomendasi Pariwisata. Sistem Rekomendasi Pariwisata ini dibangun berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai basis datanya. Metode rekomendasi yang digunakan adalah User-Based Collaborative Filtering. Sistem ini dibuat dengan tujuan memberikan rekomendasi tempat-tempat wisata kepada wisatawan. Sistem ini menghasilkan rekomendasi tempat-tempat wisata dan informasi mengenai pariwisata yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan dibuatnya sistem ini, wisatawan dapat memperoleh rekomendasi tempattempat pariwisata yang tepat sesuai dengan keinginan sehingga wisatawan akan merasa puas dan gembira.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pariwisata, Yogyakarta, Sistem Rekomendasi, web, user-based collaborative filtering
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Jan 2017 11:52
Last Modified: 05 Jan 2017 11:52
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10927

Actions (login required)

View Item View Item