IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR KEBERHASILAN SISTEM INFORMASI DESA DAN KAWASAN (SIDEKA) MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Leihitu, Rizky Ruth (2016) IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR KEBERHASILAN SISTEM INFORMASI DESA DAN KAWASAN (SIDEKA) MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TF06491.pdf

Download (415kB)
[img] Text (Bab I)
1TF06491.pdf

Download (94kB)
[img] Text (Bab II)
2TF06491.pdf

Download (74kB)
[img] Text (Bab III)
3TF06491.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (Bab IV)
4TF06491.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text (Bab V)
5TF06491.pdf

Download (105kB)

Abstract

Desa merupakan kesatuan masyarakat hukum yang memiliki kewenangan untuk mengelola sumber daya di wilayahnya. Keberhasilan desa dalam mengelola sumber daya diukur dari ketepatan dan akurasi data pendukung. Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDEKA) adalah aplikasi yang mendukung sejumlah kerja yang terkait dengan visi misi, tujuan, dan kewenangan desa. SIDEKA diimplementasikan untuk meningkatkan pelayanan terhadap Pemerintah Desa, masyarakat desa, dan semua pemangku kepentingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktorfaktor keberhasilan Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDEKA) yang digunakan oleh operator desa dalam menunjang proses pelayanan tersebut. Populasi penelitian ini adalah 200 pengguna aktif SIDEKA yang tersebar di 7 kabupaten di Indonesia. Teknik pengumpulan sampel menurut Slovin(1960) dengan kriteria sampel sebanyak 73 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan didistribusikan secara online melalui google drive. Teknik analisis yang dilakukan adalah analisis jalur (SIDEKA analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa operator desa merespon positif terkait keberhasilan sebagai perangkat untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat desa. Masing-masing variabel independen penelitian menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel dependennya yang berarti bahwa Technology Acceptance Model (TAM) mampu menjelaskan dengan baik alur keberhasilan SIDEKA.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDEKA), Technology Acceptance Model (TAM).
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Jan 2017 10:20
Last Modified: 11 Jan 2017 10:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10946

Actions (login required)

View Item View Item