ANALISIS VARIABEL - VARIABEL YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI KERJA PADA KOPERASI PERSATUAN PEDAGANG KAKI LIMA YOGYAKARTA (KPPKLY)

Suwarto, .FX. ANALISIS VARIABEL - VARIABEL YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI KERJA PADA KOPERASI PERSATUAN PEDAGANG KAKI LIMA YOGYAKARTA (KPPKLY). [Research]

[img] Text (Penelitian Ekonomi Manajemen)
EM03603.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Koperasi Persatuan Pedagang Kaki Lima Yogyakarta (KPPKLY). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis : (1) motivasi kerja, (2) penilaian terhadap variabel-variabel yang mempengaruhi motivasi kerjanya, (3) signifikan dan tidaknya pengaruh kesembilan variabel terhadap motivasi kerja, (4) variabel yang mempunyai pengaruh paling signifikan terhadap motivasi kerja. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan kuesioner dan interview. Dalam penelitian ini terdiri dari variabel independent (X) yaitu meliputi: upah (X.1), tempat kerja (X.2), peralatan kerja (X.3), sikap pekerja terhadap pekerjaannya (X.4), sikap antar teman sejawat (X.5), kepercayaan dan tanggung jawab (X.6), kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan (X.7), kebutuhan untuk berprestasi (X.8) dan variabel dependen (Y) yaitu motivasi kerja. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS. Dari hasil perhitungan analisis data didapat bahwa (1) motivasi kerja pekerja adalah kuat, (2) penilaian pekerja terhadap variabel-variabel yang mempengaruhi motivasi kerja adalah baik, (3) kedelapan variabel secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi kerja, (4) variabel kebutuhan untuk berpresatasi memiliki pengaruh paling signifikan terhadap motivasi kerja. Dari hasil analisis dapat diambil kesimpulan bahwa kedelapan variabel sangat berpengaruh terhadap motivasi kerja, agar dapat meningkatkan motivasi kerja pekerja, para pengelola diharapkan selalu memperhatikan kedelapan variabel tersebut, terutama variabel kebutuhan untuk berprestasi (X8) karena paling signifikan pengaruhnya, dengan demikian tujuan usahanya mempunyai keberlanjutan dapat terjamin.

Item Type: Research
Uncontrolled Keywords: motivasi, variabel-variabel, motivasi kerja
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Jan 2017 09:34
Last Modified: 12 Jan 2017 09:34
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10952

Actions (login required)

View Item View Item