LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PENGEMBANGAN TEMPAT PELELANGAN IKAN, PUSAT KULINER DAN WATERPARK DI PANTAI DEPOK, BANTUL

CHRISMAWAN, ANDREAS SONY (2016) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PENGEMBANGAN TEMPAT PELELANGAN IKAN, PUSAT KULINER DAN WATERPARK DI PANTAI DEPOK, BANTUL. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TA14246.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Bab I)
1TA14246.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab II)
2TA14246.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
3TA14246.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab IV)
4TA14246.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
5TA14246.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (bab VI)
6TA14246.pdf

Download (2MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara maritim atau kepulauan terbesar di dunia dimana antara pulau satu dengan pulau lainnya dipisahkan oleh laut. Sejak zaman bahari, pelayaran dan perdagangan antar pulau telah berkembang sampai sekarang. Dengan mengoptimalkan hasil laut, Indonesia memiliki potensi untuk maju di bidang perikanan dan pelayaran hasil laut. Yogyakarta memiliki banyak laut yang dapat dioptimalkan dari aspek potensi hasil tangkap ikan laut, salah satunya adalah Pantai Depok. Pantai Depok merupakan salah satu pantai yang digunakan sebagai area Tempat Pelelangan Ikan yang sering dikunjungi wisatawan. Selain Tempat Pelalangan Ikan Pantai Depok juga menyuguhkan pesona keindahan pantai dan Gumuk Pasir. Namum dalam beberapa waktu, Pantai Depok sering terjadi kecelakaan laut dengan korban terseret ombak hingga menimbulkan korban jiwa. Keberadan Pengembangan Tempat Pelelangan Ikan, Pusat Kuliner dan Waterpark di Pantai Depok Bantul merupakan suatu pengembangan kawasan wisata untuk memberikan sarana bagi pengunjung maupun pengguna kawasan Pantai Depok dengan menggunakan Pendekatan Arsitektur Organik yang menyatukan kawasan tersebut dengan lingkungan alam sekitarnya. Desain ruang yang rekreatif merupakan wujud desain Pengembangan Tempat Pelelangan Ikan, Pusat Kuliner dan Waterpark di Pantai Depok Bantul dan memperlihatkan aspek kenyamanan visual maupun fisik. Ada 3 kategori desain didalam mewujudkan suasana rekreatif dengan pendekatan Arsitektur Organik yaitu : Daya Imajinasi, Menarik dan Menyenangkan. Kategori-kategori tersebut ditransformasikan ke dalam desain melalui elemen-elemen kualitas ruang : bentuk ruang, warna, tekstur atau material, proporsi, skala, definisi ruang, derajat bukaan, cahaya dan view.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tempat Pelelangan Ikan, Pusat Kuliner, Waterpark, Arsitektur Organik, Rekreatif
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Jan 2017 07:41
Last Modified: 26 Jan 2017 07:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11001

Actions (login required)

View Item View Item