MODEL GERAKAN LITERASI DIGITAL BERBASIS GENDER UNTUK PERBERDAYAAN PEREMPUAN PADA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

WIDYASTUTI, DHYAH AYU RETNO and SIDHI, THOMAS ADI PURNOMO MODEL GERAKAN LITERASI DIGITAL BERBASIS GENDER UNTUK PERBERDAYAAN PEREMPUAN PADA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. [Research]

[img] Text (Penelitian Komunikasi)
KOM80203.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

Pemberdayaan perempuan melalui keikutsertaan dalam usaha produktif merupakan capaian yang diharapkan dari pembangunan sumber daya manusia. Usaha ini realitasnya banyak dilakukan oleh pemerintah melalui program kegiatan yang diturunkan pada masing-masing bidang. Seiring perkembangan era digital, pemberdayaan dilakukan dengan meningkatkan kualitas SDM yang seimbang dengan kondisi saat ini. Kumpulan Emak Blogger merupakan satu gambaran dari realitas perempuan yang memiliki kapasitas untuk mengimbangi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Namun ini hanya bagian kecil dari jumlah komunitas perempuan yang ada. Proposal program ini bertujuan untuk melakukan gerakan literasi digital pada komunitas perempuan dan selanjutnya melakukan aksi partisipasi untuk membangun model pemberdayaan perempuan berbasis komunitas melalui pemanfaan new media. Program ini sejalan dengan program pemerintah yang dirancang melalui startegi nasional Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) tahun 2015 s.d 2019. Daerah sasaran adalah 5 Kabupaten dan Kota Daerah Istimewa Yogyakarta (Bantul, Sleman, Wonosari, Kota Yogyakarta, Kulon progo) yang memiliki komunitas usaha mikro, kecil, dan menengah. Sasaran program adalah perempuan yang memiliki potensi untuk mengembangkan usaha produktif. Capaian dalam pelaksanaan program ini adalah (1) need assesment terkait dengan penggunaan media digital dalam kegiatan usaha; (2) melakukan gerakan untuk pemahaman dalam penggunaan media yang efektif untuk kegiatan produktif, (3) membangun model pemanfaatan new media yang relevan dengan kondisi lingkungannya, (4) mengaplikasikan model gerakan literasi media pada komunitas UMKM di wilayah yang berbeda. Penelitian ini menggunakan metode participatory action research (PAR) yang diarahkan untuk rekayasa sosial dari pendekatan intersiplin yang melibatkan perempuan yang memiliki potensi produktif melalui kegiatan UMKM bersama komunitasnya sebagai subjek penelitian dalam kegiatan yang terus berjalan guna memecahkan persoalan perempuan terkait dengan pemberdayaan perempuan untuk menunjang kapasitasnya di wilayah publik.

Item Type: Research
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital; Gender; Pemberdayaan Perempuan; Media Digital, UMKM
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Feb 2017 09:03
Last Modified: 01 Feb 2017 09:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11027

Actions (login required)

View Item View Item