Hartono, Joko Adi (2016) PEMBANGUNAN GAME EDUKASI PENGENALAN WARNA MULTIPLAYER BERBASIS MOBILE. S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
0TF07192.pdf Download (661kB) |
|
Text (Bab I)
1TF07192.pdf Download (298kB) |
|
Text (Bab II)
2TF07192.pdf Download (292kB) |
|
Text (Bab III)
3TF07192.pdf Download (1MB) |
|
Text (Bab IV)
4TF07192.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) |
|
Text (Bab V)
5TF07192.pdf Restricted to Registered users only Download (946kB) |
|
Text (Bab VI)
6TF07192.pdf Download (259kB) |
Abstract
Dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih. Terutama teknologi komputer yang berkembang dengan sangat pesat. Hal ini mempengaruhi perkembangan pada industri permainan. Awalnya permainan hanya pada perangkat yang berdiri sendiri seperti contohnya adalah gameboy, arcade game dan konsol. Tetapi sekarang permainan sudah dapat dimainkan dengan mobile. Hal ini dikarenakan karena perangkat lunak yang mendukung pembuatan permainan berbasis mobile salah satunya adalah Unity 3D Engine yang memiliki fitur lengkap untuk pembuatan berbagai genre mobile seperti strategi, fighting, role playing games, first person shooter dan lainnya. Perangkat lunak Unity 3D Engine juga mendukung pembuatan permainan dengan multiplatform. Yang berarti memudahkan pembuatan permainan dari Unity 3D Engine untuk dapat dikembangkan pada perangkat yang berdiri sendiri maupun mobile dan web. Permainan sekarang yang banyak diminati oleh orang adalah permainan yang dapat berinteraksi dengan teman atau permainan multiplayer. Permainan multiplayer lebih tidak membosankan karena pemain tidak hanya bermain dengan sistem atau AI (Artificial Intelligent) yang telah dibuat oleh pengembang permainan melainkan dapat bersaing dengan pemain lain. Dengan peluang banyaknya orang yang bermain permainan multiplayer maka dibuat permainan dengan berbasis Real-Time Strategy multiplayer untuk Edukasi. Permainan ini dibuat dengan Unity 3D Engine dengan menggunakan MonoDevelop yang sudah disediakan oleh unity dengan bahasa C# sebagai bahasa pemrogramannnya. Fitur multiplayer menggunakan framework Photon Networking dengan menggunakan Photon Cloud sebagai server. Permainan Real-Time Strategy ini digunakan untuk melatih kemampuan pemain dalam pengenalan warna sesuai dengan petunjuk yang ada.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Unity 3D Engine, Real-Time Strategy, pengenalan warna, multiplayer, Photon Networking, Photon Cloud. |
Subjects: | Teknik Informatika > Mobile Computing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 06 Feb 2017 07:55 |
Last Modified: | 06 Feb 2017 07:55 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11055 |
Actions (login required)
View Item |