PEMBANGUNAN GAME EDUKASI PENGENALAN WARNA MULTIPLAYER BERBASIS MOBILE

Hartono, Joko Adi (2016) PEMBANGUNAN GAME EDUKASI PENGENALAN WARNA MULTIPLAYER BERBASIS MOBILE. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TF07192.pdf

Download (661kB)
[img] Text (Bab I)
1TF07192.pdf

Download (298kB)
[img] Text (Bab II)
2TF07192.pdf

Download (292kB)
[img] Text (Bab III)
3TF07192.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab IV)
4TF07192.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text (Bab V)
5TF07192.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB)
[img] Text (Bab VI)
6TF07192.pdf

Download (259kB)

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih. Terutama teknologi komputer yang berkembang dengan sangat pesat. Hal ini mempengaruhi perkembangan pada industri permainan. Awalnya permainan hanya pada perangkat yang berdiri sendiri seperti contohnya adalah gameboy, arcade game dan konsol. Tetapi sekarang permainan sudah dapat dimainkan dengan mobile. Hal ini dikarenakan karena perangkat lunak yang mendukung pembuatan permainan berbasis mobile salah satunya adalah Unity 3D Engine yang memiliki fitur lengkap untuk pembuatan berbagai genre mobile seperti strategi, fighting, role playing games, first person shooter dan lainnya. Perangkat lunak Unity 3D Engine juga mendukung pembuatan permainan dengan multiplatform. Yang berarti memudahkan pembuatan permainan dari Unity 3D Engine untuk dapat dikembangkan pada perangkat yang berdiri sendiri maupun mobile dan web. Permainan sekarang yang banyak diminati oleh orang adalah permainan yang dapat berinteraksi dengan teman atau permainan multiplayer. Permainan multiplayer lebih tidak membosankan karena pemain tidak hanya bermain dengan sistem atau AI (Artificial Intelligent) yang telah dibuat oleh pengembang permainan melainkan dapat bersaing dengan pemain lain. Dengan peluang banyaknya orang yang bermain permainan multiplayer maka dibuat permainan dengan berbasis Real-Time Strategy multiplayer untuk Edukasi. Permainan ini dibuat dengan Unity 3D Engine dengan menggunakan MonoDevelop yang sudah disediakan oleh unity dengan bahasa C# sebagai bahasa pemrogramannnya. Fitur multiplayer menggunakan framework Photon Networking dengan menggunakan Photon Cloud sebagai server. Permainan Real-Time Strategy ini digunakan untuk melatih kemampuan pemain dalam pengenalan warna sesuai dengan petunjuk yang ada.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Unity 3D Engine, Real-Time Strategy, pengenalan warna, multiplayer, Photon Networking, Photon Cloud.
Subjects: Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Feb 2017 07:55
Last Modified: 06 Feb 2017 07:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11055

Actions (login required)

View Item View Item