ANALISIS KINERJA SIMPANG EMPAT BERSINYAL DAN DAMPAK EKONOMISNYA (Studi Kasus Simpang Jl. Jenderal Ahmad Yani – Jl. Hasanudin – Jl. Osa Maliki – Jl. Veteran Salatiga)

Hadmaji, Abas Punto (2012) ANALISIS KINERJA SIMPANG EMPAT BERSINYAL DAN DAMPAK EKONOMISNYA (Studi Kasus Simpang Jl. Jenderal Ahmad Yani – Jl. Hasanudin – Jl. Osa Maliki – Jl. Veteran Salatiga). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS12820.pdf

Download (1143Kb)
[img] Text (Bab I)
1TS12820.pdf

Download (624Kb)
[img] Text (Bab II)
2TS12820.pdf

Download (553Kb)
[img] Text (Bab III)
3TS12820.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3239Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TS12820.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391Kb)
[img] Text (Bab V)
5TS12820.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4Mb)
[img] Text (Bab VI)
6TS12820.pdf

Download (3266Kb)

Abstract

Salatiga merupakan salah satu kota di Indonesia yang cukup padat penduduknya. Perkembangan transportasi seiring dengan pertumbuhan penduduk. Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah simpang empat bersinyal Jl. Jenderal Ahmad Yani-Jl. Hasanudin- Jl. Osa Maliki-Jl. Veteran Salatiga. Simpang ini setiap hari dilewati berbagai kendaraan seperti motor, mobil, bus, truk, becak, sepeda dan sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja simpang pada kondisi eksisting, memberi solusi dan mengetahui dampak ekonomisnya. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah pengamatan secara langsung. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer meliputi kondisi geometrik jalan, lingkungan, volume lalu lintas, panjang antrian, jumlah fase dan waktu sinyal serta kendaraan berhenti terkena nyala merah. Data sekunder meliputi jumlah penduduk, peta lokasi, konsumsi bahan bakar dan harga bahan bakar. Data tersebut dianalisis untuk mencari kapasitas, derajat kejenuhan, panjang antrian dan tundaan dengan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dan mengetahui dampak ekonomisnya. Berdasarkan hasil pembahasan diketahui kinerja simpang pada kondisi eksisting kurang memberi pelayanan dengan baik, ini dapat dilihat dari nilai derajat kejenuhan untuk masing-masing pendekat yaitu utara 0,337, selatan 0,800, barat 0,981 dan timur 0,325, panjang antrian terbesar 132,697 m dan tundaan simpang rata-rata 37,351 detik/smp. Hasil kinerja simpang pada kondisi solusi terbaik, berupa pengaturan waktu sinyal dan pengalihan arus kendaraaan berat (HV) dengan pengaturan 2 fase, diperoleh derajat kejenuhan untuk masing-masing pendekat adalah utara 0,294, selatan 0,532, barat 0,706 dan timur 0,231, panjang antrian terbesar 88,344 m dan tundaan simpang rata-rata 22,802 detik/smp, dengan efisiensi nilai ekonomis sebesar Rp. 114.000/jam.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: analisis, kinerja, simpang bersinyal, dampak ekonomis
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 30 Apr 2013 11:15
Last Modified: 03 May 2013 13:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1123

Actions (login required)

View Item View Item