Hadmaji, Abas Punto (2012) ANALISIS KINERJA SIMPANG EMPAT BERSINYAL DAN DAMPAK EKONOMISNYA (Studi Kasus Simpang Jl. Jenderal Ahmad Yani – Jl. Hasanudin – Jl. Osa Maliki – Jl. Veteran Salatiga). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TS12820.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TS12820.pdf Download (639kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TS12820.pdf Download (567kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TS12820.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text (Bab IV)
4TS12820.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) |
||
Text (Bab V)
5TS12820.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TS12820.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Salatiga merupakan salah satu kota di Indonesia yang cukup padat penduduknya. Perkembangan transportasi seiring dengan pertumbuhan penduduk. Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah simpang empat bersinyal Jl. Jenderal Ahmad Yani-Jl. Hasanudin- Jl. Osa Maliki-Jl. Veteran Salatiga. Simpang ini setiap hari dilewati berbagai kendaraan seperti motor, mobil, bus, truk, becak, sepeda dan sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja simpang pada kondisi eksisting, memberi solusi dan mengetahui dampak ekonomisnya. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah pengamatan secara langsung. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer meliputi kondisi geometrik jalan, lingkungan, volume lalu lintas, panjang antrian, jumlah fase dan waktu sinyal serta kendaraan berhenti terkena nyala merah. Data sekunder meliputi jumlah penduduk, peta lokasi, konsumsi bahan bakar dan harga bahan bakar. Data tersebut dianalisis untuk mencari kapasitas, derajat kejenuhan, panjang antrian dan tundaan dengan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dan mengetahui dampak ekonomisnya. Berdasarkan hasil pembahasan diketahui kinerja simpang pada kondisi eksisting kurang memberi pelayanan dengan baik, ini dapat dilihat dari nilai derajat kejenuhan untuk masing-masing pendekat yaitu utara 0,337, selatan 0,800, barat 0,981 dan timur 0,325, panjang antrian terbesar 132,697 m dan tundaan simpang rata-rata 37,351 detik/smp. Hasil kinerja simpang pada kondisi solusi terbaik, berupa pengaturan waktu sinyal dan pengalihan arus kendaraaan berat (HV) dengan pengaturan 2 fase, diperoleh derajat kejenuhan untuk masing-masing pendekat adalah utara 0,294, selatan 0,532, barat 0,706 dan timur 0,231, panjang antrian terbesar 88,344 m dan tundaan simpang rata-rata 22,802 detik/smp, dengan efisiensi nilai ekonomis sebesar Rp. 114.000/jam.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis, kinerja, simpang bersinyal, dampak ekonomis |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 30 Apr 2013 11:15 |
Last Modified: | 03 May 2013 13:30 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1123 |
Actions (login required)
View Item |