ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGENDARA TERHADAP KINERJA JALAN TOL BALI MANDARA

Kencana, Mahendra Wisnu (2017) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGENDARA TERHADAP KINERJA JALAN TOL BALI MANDARA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TS139550.pdf

Download (702kB)
[img] Text (Bab I)
TS139551.pdf

Download (289kB)
[img] Text (Bab II)
TS139552.pdf

Download (122kB)
[img] Text (Bab III)
TS139553.pdf

Download (365kB)
[img] Text (Bab IV)
TS139554.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text (Bab V)
TS139555.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text (Bab VI)
TS139556.pdf

Download (1MB)

Abstract

Transportasi memegang peranan penting dalam mendukung kegiatan pariwisata. Bali yang merupakan salah satu ikon pariwisata di Indonesia sehingga banyak kunjungan wisatawan domestik dan internasional, hal tersebut mengakibatkan padatnya lalulintas jalan di Bali khususnya pada kota Denpasar. Adanya masalah lalu lintas tersebut menjadikan jalan di Kota Denpasar banyak terjadi kemacetan. Untuk menaggulangi permasalahan tersebut Pemerintah Provinsi Bali memiliki gagasan untuk membangun jalan tol, sebagai akses alternatif menuju Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Jalan Tol Bali Mandara merupakan jalan tol pertama di Bali, dan juga jalan tol terapung pertama di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner untuk mengumpulkan Data yang diperlukan. Populasi dalam penelitian ini yaitu para pengendara yang melintasi Jalan Tol Bali Mandara dan sampel yang digunakan sebanyak 100 pengendara. Metode Analisis menggunakan analisis Important Performance Analysys (IPA). Hasil analisis Important Performance Analysys diperoleh terdapat empat atribut yang dianggap paling penting oleh pengguna jalan, tapi pengguna jalan belum puas, atribut tersebut yaitu kerataan permukaan jalan tol, kecepatan transaksi, penanganan kendaraan mogok dan patroli kendaraan derek. Terdapa empat atribut yang dirasakan pengguna jalan sudah puas dengan kualitas pelayanan tol Bali Mandara, diantaranya adalah tidak ada lubang, kecepatan tempuh, penerangan, dan kelayakantol. Terdapat empat atribut yang dirasakan pengguna jalan tidak penting atas kinerjanya yaitu kekesatan permukan jalan tol, kapasitas gardu, pengamatan berkala, penanganan kecelakaan. Atribut-atribut yang dianggap kurang penting tapi dirsakan sangat baik kinerjanya oleh pengguna jalan adalah kelengkapan dan kejelasan rambu, kelengkapan dan kejelasan marka, pagar rumija.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Jalan Tol.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 31 Mar 2017 09:49
Last Modified: 31 Mar 2017 09:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11490

Actions (login required)

View Item View Item