APLIKASI M-COMMERCE UNTUK PRODUK INDIE CLOTHING DENGAN MENERAPKAN SISTEM REKOMENDASI MENGGUNAKAN METODE ITEM-BASED COLLABORATIVE FILTERING

Marpaung, Gabriel Erichson Hasudungan (2017) APLIKASI M-COMMERCE UNTUK PRODUK INDIE CLOTHING DENGAN MENERAPKAN SISTEM REKOMENDASI MENGGUNAKAN METODE ITEM-BASED COLLABORATIVE FILTERING. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TF067950.pdf

Download (897kB)
[img] Text (Bab I)
TF067951.pdf

Download (303kB)
[img] Text (Bab II)
TF067952.pdf

Download (405kB)
[img] Text (Bab III)
TF067953.pdf

Download (529kB)
[img] Text (Bab IV)
TF067954.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Bab V)
TF067955.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (Bab VI)
TF067956.pdf

Download (325kB)

Abstract

Tingginya antusias masyarakat terhadap perkembangan teknologi internet dan perangkat mobile menuntut pengusaha Indie Clothing untuk mengembangkan bisnisnya menggunakan teknologi tersebut. Pengusaha Indie Clothing memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran, namun media sosial tidak memiliki fitur pemasaran secara khusus untuk produk Indie Clothing. Selain itu, jumlah produk Indie Clothing yang begitu banyak membuat pelanggan membutuhkan rekomendasi secara personal yang dapat membantu pelanggan dalam memilih produk Indie Clothing. Masalah tersebut dapat diatasi, salah satunya dengan membangun aplikasi m-commerce untuk produk Indie Clothing yang menerapkan sistem rekomendasi menggunakan metode Item- Based Collaborative Filtering. Aplikasi ini dapat digunakan untuk transaksi jual beli dan dapat memberikan rekomendasi kepada pelanggan. Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur Push Notifications, pengecekan ongkos kirim menggunakan layanan API RajaOngkir, pegamanan data menggunakan metode AES-128 bit. Aplikasi pada penelitian ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi pengguna dalam melakukan transaksi jual beli pr oduk Indie Clothing. Pengguna sebagai penjual dapat melakukan pengelolaan data melalui aplikasi web. Pengguna sebagai pelanggan dapat menampilkan data produk, melakukan pembelian, konfirmasi pembayaran dan mendapatkan rekomendasi produk Indie Clothing melalui aplikasi mobile.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ndie Clothing, M-Commerce, Sistem Rekomendasi, Item-Based Collaborative Filtering.
Subjects: Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 31 May 2017 08:32
Last Modified: 31 May 2017 08:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11793

Actions (login required)

View Item View Item