Evaluasi Dampak Tata Ruang Unit Keperawatan terhadap Perilaku Mobilitas Paramedis dan Pelayanan Pasien Studi Terhadap RSKIA Sadewa Yogyakarta

Wynanti, Yohanita Prames (2016) Evaluasi Dampak Tata Ruang Unit Keperawatan terhadap Perilaku Mobilitas Paramedis dan Pelayanan Pasien Studi Terhadap RSKIA Sadewa Yogyakarta. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
EM200440.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Bab I)
EM200441.pdf

Download (264kB)
[img] Text (Bab II)
EM200442.pdf

Download (397kB)
[img] Text (Bab III)
EM200443.pdf

Download (332kB)
[img] Text (Bab IV)
EM200444.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text (Bab V)
EM200445.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi dampak penerapan tata ruang unit keperawatan terhadap perilaku mobilitas paramedis dan pelayanan pasien di RSKIA Sadewa. Memahami desain fisik dari unit keperawatan sangat penting karena akan mempengaruhi pelayanan kesehatan bagi populasi yang besar. Tata ruang rumah sakit dan ruang yang dibangun berkontribusi dalam efisiensi operasional dan keselamatan kerja. Indikator seberapa efektif tata ruang sebuah ruangan dapat dilihat dari kemudahan penggunanya menggunakan ruangan tersebut dan tidak memicu interaksi atau gangguan yang akan menghambat aktivitas penggunanya. Penulis mengambil paramedis terdiri dari bidan dan perawat sebagai objek penelitian untuk mengukur tingkat efektivitas tata ruang. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara observasi langsung dan menggunakan statistik deskriptif sederhana sebagai alat olah data. Partisipan penelitian berjumlah dua puluh orang, dimna empat belas orang sebagai paramedis senior dan enam orang paramedis junior. Penelitian ini akan melihat seberapa jauh tata ruang dapat mempengaruhi operasional kerja di RSKIA Sadewa. Hasil dari penelitian ini adalah bentuk dari rute secara keseluruhan tu mpang tindih pada jalur yang sama. Jalur menuju stasiun perawat sentral dan rute efisien untuk beerapa tujuan. Kondisi tersebut mempengaruhi frekuensi interaksi antar paramedis. Kedekatan jalur efisien stasiun keperawatan sentral meningkatkan interaksi dan penyimpangan rute. Dari 383 observasi diamati 377 kegiatan pelayanan efisien, 5 retracing, dan 1 menyimpang. Tata ruang radial efisien dalam penerapannya di RSKIA Sadewa, namun dalam penelitian kali ini penting untuk memperhatikan pembatasan akses masuk dalam sebuah ruang dan menambah stasiun keperawatan di sayap utara lantai atas RSKIA Sadewa untuk meningkatkan pelayanan pasien.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tata ruang, paramedis, rumah sakit
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Jun 2017 11:46
Last Modified: 05 Jun 2017 11:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11815

Actions (login required)

View Item View Item