ISOLASI DAN SCREENING BAKTERI ASAM LAKTAT DARI FERMENTASI NANAS (Ananas comosus L.) SEBAGAI ANTIBAKTERI Vibrio parahaemolyticus DAN Staphylococcus aureus

Candra, Agustinus (2017) ISOLASI DAN SCREENING BAKTERI ASAM LAKTAT DARI FERMENTASI NANAS (Ananas comosus L.) SEBAGAI ANTIBAKTERI Vibrio parahaemolyticus DAN Staphylococcus aureus. .Jurnal Bisnis Strategi. pp. 1-16.

[img] Text (Jurnal BL01316)
JURNAL.pdf

Download (853Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan Bakteri Asam Laktat (BAL) fermentasi buah nanas terhadap kemampuannya sebagai antibakteri Vibrio parahaemolyticus dan Staphylococcus aureus yang kemudian akan dilakukan Screening molekuler untuk melihat spesies BAL yang ditemukan. Fermentasi nanas dilakukan dengan metode fermentasi spontan selama 72 jam dengan suhu ruang. IsolasiBAL menggunakan medium MRS (De Man Rogosa and Sharpe) agar + CaCO3 1% menghasilkan 5 isolat BAL yang kemudian diuji karakterisasinya berupa pengecatan Gram, uji katalase, dan uji motilitas dimana semua isolat menunjukkan karakterisasi BAL pada umumnya yaitu berbentuk bassil dan rod, hasil negatif pada uji katalase, dan non-motil pada uji motilitas. Uji zona hambat terhadap bakteri V. parahaemolyticus dan S. aureus menunjukkan hasil beda nyata dengan zona bening terhadap bakteri S. aureus sebesar 0,325 cm2 dan terhadap bakteri V. parahaemolyticus sebesar 0,677 cm2. Berdasarkan indentifikasi molekuler galur BAL menggunakan gen 16S rRNA yang dilakukan melalui PCR koloni dengan primer LABfw (5’- AGAGTTTGATYDTGGCTCAG-3’) dan LABrv (5’-CACCGCTACAC ATGGAG-3’) didapatkan kelima isolat BAL merupakan spesies Lactobacillus plantarum yang kemudian diberinama Lactobacillus plantarum strain AC1BIOUAJY.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Nanas, antibakteri, Screening, V. parahemolyticus, S. aureus
Subjects: Teknobiologi > Tekno Pangan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Jun 2017 10:56
Last Modified: 14 Jun 2017 10:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11870

Actions (login required)

View Item View Item