SAPTRIANTY, FERONICA (2012) FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG PENGIKLAN MEMASANG IKLAN DI FREE MAGAZINE (Studi Eksploratif Faktor-Faktor yang Mendorong Pengiklan Memasang Iklan di Majalah My Magz). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03278.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03278.pdf Download (231kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM03278.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
||
Text (Bab III)
3KOM03278.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03278.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Periklanan dipandang sebagai media paling lazim yang digunakan perusahaan untuk berkomunikasi dengan konsumen. Iklan ditujukan untuk mempengaruhi perasaan, pengetahuan, makna, kepercayaan, sikap dan citra konsumen yang berkaitan dengan suatu produk atau merek. Iklan disampaikan melalui media. Media periklanan adalah suatu perantara yang berfungsi menghubungkan tujuan dari pembuatan suatu iklan hingga sampai pada masyarakat sebagai konsumen iklan. Pemilihan media yang tepat untuk beriklan adalah salah satu strategi dalam memasarkan sebuah produk. Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu faktor-faktor apa saja yang mendorong pengiklan sehingga memasang iklan di Majalah My Magz. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dimana peneliti mencari tahu faktorfaktor yang mendorong pengiklan memasang iklan di Majalah My Magz. Dalam penelitian ini pengiklan yang menjadi informan dalam penelitian ini dikategorikan menjadi lima, yaitu pengiklan yang memasang iklan sejak awal terbit Majalah My Magz, pengiklan yang sering memasang iklan, pengiklan yang hanya memasang iklan pada moment tertentu, pengiklan yang memasang iklan satu kali dan pengiklan baru yang memasang iklan di Majalah My Magz. Periode waktu yang digunakan adalah pengiklan yang memasang iklan di Majalah My Magz pada edisi September 2010 – Mei 2012. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan, pada dasarnya pengiklan tidak mempermasalahkan apakah majalah yang digunakan adalah majalah yang diberikan secara gratis atau majalah yang berbayar. Dalam pemilihan media untuk memasang iklan, pengiklan lebih melihat pada faktor target market, dimana pengiklan memilih free magazine yang memiliki target market atau pembaca yang sama dengan target market produk perusahaan pengiklan, pendistribusian majalah yang berkaitan dengan penentuan lokasi drop spot dari free magazine tersebut, karakteristik media merupakan penampilan fisik majalah yang dilihat dari isi atau konten dari majalah, kemudian konsep, tema maupun topik yang diangkat serta artikel, informasi yang disampaikan di dalam free magazine, harga berkaitan dengan negosiasi, diskon dan bonus, kerja sama berupa keuntungan yang diterima masing-masing pihak, seperti media partner dan sponsorship, relasi merupakan upaya untuk membangun rasa nyaman dan kepercayaan dari pengiklan, kemampuan karyawan merupakan kualitas karyawan perusahaan yang dilihat dari kemampuan dalam memenuhi keinginan pengiklan dan pelayanan yang merupakan kemudahan dalam proses pemasangan iklan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Periklanan, Pengiklan, Free Magazine |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 01 May 2013 10:44 |
Last Modified: | 01 May 2013 10:44 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1192 |
Actions (login required)
View Item |