RINI, CHARISMA AJENG SEKAR (2017) PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN PANDANARAN KABUPATEN BOYOLALI. S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
TS150930.pdf Download (2MB) |
|
Text (Bab I)
TS150931.pdf Download (448kB) |
|
Text (Bab II)
TS150932.pdf Download (389kB) |
|
Text (Bab III)
TS150933.pdf Download (899kB) |
|
Text (Bab IV)
TS150934.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) |
|
Text (Bab V)
TS150935.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text (Bab VI)
TS150936.pdf Download (5MB) |
Abstract
Jalan Pandanaran Kabupaten Boyolali merupakan jalan nasional yang menghubungkan Kota Semarang dengan Kota Solo sehingga memiliki volume lalu lintas yang cukup tinggi. Merangkap sebagai kawasan bisnis Kabupaten Boyolali, ruas Jalan Pandanaran memiliki berbagai masalah terkait hambatan samping akibat tingginya aktivitas samping jalan, hal ini menjadikan kecepatan rata-rata kendaraan yang melintas menurun sehingga kinerja ruas Jalan Pandanaran Kabupaten Boyolali menjadi rendah. Penelitian pada ruas Jalan Pandanaran Kabupaten Boyolali dilakukan dengan mengumpulkan dua jenis data yaitu data primer yang berupa data geometrik jalan, volume lalu lintas, waktu tempuh kendaraan, dan hambatan samping, sedangkan data sekunder berupa jumlah penduduk. Pengamatan dilakukan selama 3 hari yaitu pada tanggal 11, 12, dan 13 Maret 2017. Analisis data dilakukan berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 untuk mengetahui kinerja ruas jalan tersebut. Dari hasil analisis dan pengamatan, didapat Q sebesar 2039,95 smp/jam, total frekuensi hambatan samping sebesar 522,5 smp/jam. Kecepatan arus bebas (FV) sebesar 40,49 km/jam, kecepatan tempuh (V) menurut MKJI sebesar 38,25 km/jam, kecepatan rata-rata kendaraan ringan menurut pengamatan sebesar 23 km/jam, waktu tempuh rata-rata 9,412 detik, kapasitas 4331,23 smp/jam, dan derajat kejenuhan sebesar 0,4709. Berdasarkan bebarapa alternatif solusi yang dianalisis menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997, solusi terbaik untuk ruas Jalan Pandanaran Kabupaten Boyolali adalah memberlakukan jalan satu arah dengan parkir di salah satu sisi jalan karena dapat meningkatkan kecepatan arus bebas (FV) menjadi sebesar 58,662 km/jam, kapasitas (C) menjadi 4773,98 smp/jam, dan menurunkan derajat kejenuhan menjadi 0,2657.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kinerja ruas jalan, kapasitas, kecepatan tempuh, hambatan samping |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 07 Jul 2017 09:25 |
Last Modified: | 07 Jul 2017 09:25 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11931 |
Actions (login required)
View Item |