LINGGA, ANJAS NORIES (2017) ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS (Studi kasus: Jalan Parangtritis Km 0,0 – Km 15 Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
TS140720.pdf Download (1MB) |
|
Text (Bab I)
TS140721.pdf Download (670kB) |
|
Text (Bab II)
TS140722.pdf Download (691kB) |
|
Text (Bab III)
TS140723.pdf Download (357kB) |
|
Text (Bab IV)
TS140724.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
|
Text (Bab V)
TS140725.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Bab VI)
TS140726.pdf Download (864kB) |
Abstract
Jalan Parangtritis merupakan jalan kolektor yang menghubungkan arus lalu lintas dari beberapa kawasan padat penduduk seperti tempat usaha, sekolah, universitas, daerah hunian dan lain – lain. Volume arus kendaraan yang melintas di ruas jalan ini cukup tinggi seiring dengan jumlah kendaraan yang terus bertambah, kondisi ini merupakan salah satu bagian dari kondisi lalu lintas yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan. Karena semakin padatnya arus lalu lintas maka akan terjadi kemacetan sehingga akan mempengaruhi perilaku pengendara yang cenderung tidak sabar, sering kali banyak pengendara yang tidak berhati-hati dan tidak menaati rambu-rambu lalu lintas mengakibatkan halhal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan lalu lintas. Maka perlu dilakukan analisis kecelakaan lalu lintas untuk mengetahui sejauh mana kelengkapan fasilitas jalan yang ada dan menentukan karakteristik kecelakaan serta menentukan daerah rawan kecelakaan (blackspot). Pengambilan data yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas akhir ini dimulai pada awal bulan November 2016 dan berakhir pada awal akhir Desember 2016. Data primer yang digunakan adalah data keadaan lingkungan disekitar jalan Parangtritis Km 0,0 – Km 15, fasilitas pelengkap jalan, tata guna lahan dan pengukuran kecepatan kendaraan pada saat melewati area black spot sedangkan Data sekunder diperoleh dari POLRES Bantul berupa data kecelakaan lalu lintas dan setelah itu dianalisis menggunakan metode Inventarisasi data. Dari hasil penelitian diketahui bahwa lokasi black spot terdapat di Km 7 – Km 8 dengan kejadian kecelakaan lalu lintas dalam 3 tahun terakhir sebanyak 49 asus, fasilitas pelengkap jalan yang berada pada area blackspot sudah termasuk baik namun masih ada berberapa rambu lalu lintas yang tertutup pepohonan serta marka jalan yang sudah mulai pudar. Sedangkan karakteristik kecelakaan berdasarkan waktu kejadian kecelakaan yaitu pagi hari pukul 06.00 – 08.00 WIB sebanyak 33 kasus, jenis kendaraan yang sering terlibat kecelakaan adalah sepeda motor >< sepeda motor dengan presentase 51,6 % pada tahun 2013 sedangkan pada tahun 2014 adalah 44,4 % dan pada tahun 2015 sebesar 50 % kemudian disusul dengan sepeda motor >< mobil dengan presentase sebesar 17,2 % pada tahun 2013 sedangkan pada tahun 2014 adalah 16,7 % dan pada tahun 2015 sebesar 21,7 %. Dalam 3 tahun terakhir kendaraan dengan merk Honda masih mendominasi dalam kasus kecelakaan dengan jumlah 68 kendaraan pada tahun 2013, sedangkan pada tahun 2014 dan 2015 memiliki jumlah yang sama yaitu 53 kendaraan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecepatan, black spot, kecelakaan, fasilitas pelengkap jalan. |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 08:18 |
Last Modified: | 11 Jul 2017 08:18 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11942 |
Actions (login required)
View Item |