KINERJA PEMELIHARAAN BANGUNAN MENURUT PERATURAN MENTERI PEKERJAAN UMUM NOMOR 24/PRT/M/2008 (Studi Kasus Hotel Santika Premiere Jogja)

ANGGRAINI, VERONIKA INGE (2017) KINERJA PEMELIHARAAN BANGUNAN MENURUT PERATURAN MENTERI PEKERJAAN UMUM NOMOR 24/PRT/M/2008 (Studi Kasus Hotel Santika Premiere Jogja). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TS147080.pdf

Download (1327Kb)
[img] Text (Bab I)
TS147081.pdf

Download (169Kb)
[img] Text (Bab II)
TS147082.pdf

Download (358Kb)
[img] Text (Bab III)
TS147083.pdf

Download (1034Kb)
[img] Text (Bab IV)
TS147084.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896Kb)
[img] Text (Bab V)
TS147085.pdf

Download (490Kb)

Abstract

Bangunan gedung merupakan suatu fasilitas yang dibuat oleh manusia untuk menunjang berbagai aktifitas kegiatan manusia itu sendiri. Namun, tidak selamanya suatu bangunan akan tetap dalam kondisi yang baik. Ada saatnya bangunan tersebut mengalami penurunan kualitas seiring berjalannya waktu, baik dari segi kekokohan bangunan maupun kerusakan komponen-komponen bangunan tersebut. Hal ini dapat menyebabkan turunnya tingkat rasa aman dan nyaman yang dirasakan oleh pengguna gedung. Untuk itu, dibutuhkan suatu upaya pemeliharaan terhadap suatu bangunan yang tepat. Serta menerapkan berbagai standar operasional sesuai prosedur yang telah ditetapkan dalam menjalankannya. Hal ini dilakukan agar umur pakai dari bangunan tersebut sesuai dengan perencanaan dan perkiraan awal, serta dapat meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi pengguna gedung itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pemeliharaan bangunan dengan objek studi Hotel Santika Premiere Jogja. Penelitian ini mengacu pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 24/PRT/M/2008 tentang Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung. Data penelitian didapatkan dengan cara menyebarkan kuisioner kepada Bagian Pemeliharaan dengan jumlah responden sebanyak 14 orang, sedangkan untuk pengguna gedung dibagi menjadi dua kategori yaitu pengguna langsung sebanyak 19 orang dan pengguna tidak langsung sebanyak 26 orang. Analisis data dilakukan dengan metode analisis mean, Standar Deviasi dan uji korelasi Spearman Rank untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kegiatan pelaksanaan pemeliharaan dengan penilaian pengguna gedung Hotel Santika Premiere Jogja. Berdasarkan hasil analisis mean, Bagian Pemeliharaan gedung Hotel Santika Premiere Jogja mendapatkan nilai mean sebesar 4,112. Penilaian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan pemeliharaan bangunan Hotel Santika Premiere Jogja tergolong baik. Begitu pula dengan penilaian dari pengguna langsung dan pengguna tidak langsung yang menilai pemeliharaan gedung Hotel Santika Premiere Jogja termasuk dalam kategori baik. Walaupun masuk dalam kategori baik, terdapat beberapa komponen pelaksanaan pemeliharaan yang masih berada di bawah standar Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 24/PRT/M/2008 tentang Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung. Yaitu diantaranya pemeliharaan pintu lipat/folding door (pembersihan dan pelumasan), polituran kembali kusen kayu dan pengecatan dinding luar bangunan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pemeliharaan bangunan, pengguna langsung, pengguna tidak langung, gedung hotel
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Jul 2017 08:35
Last Modified: 18 Jul 2017 08:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11958

Actions (login required)

View Item View Item