ISTANTO, VIDI (2012) Profiling Selebriti Kristiani dalam Pemberitaan Majalah Rohani Populer BAHANA (Analisis Framing Profiling Selebriti Kristiani pada rubrik Jumpa Bintang dalam Pemberitaan Majalah Rohani Populer Bahana periode Januari 2010 – Desember 2010). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03297.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03297.pdf Download (278kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM03297.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
||
Text (Bab III)
3KOM03297.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03297.pdf Download (82kB) | Preview |
Abstract
Dalam paradigma konstruktivisme, realitas tidak hadir begitu saja. Realitas dikonstruksi, dibentuk sedemikian rupa oleh individu maupun masyarakat sosial berdasarkan referensi dan pengaruh tertentu. Dalam konstruktivisme pula, berita media massa sebagai cerminan realitas tidak serta merta hadir apa adanya. Berita dalam media massa yang melalui proses kerja jurnalistik dipengaruhi berbagai faktor, seperti ideologi, rutinitas, kepemilikan dan kepentingan media. Melalui analisis framing, proses pembingkaian realitas yang dilakukan media massa dapat dibongkar, termasuk untuk mengetahui latar belakang, maksud dan tujuan pembingkaian tersebut. Penelitian ini berfokus pada bagaimana Majalah Kristiani membingkai sosok seorang selebriti Kristiani. Lebih tajam lagi, penelitian ini ingin mengetahui bagaimana Majalah Rohani Populer Kristiani Bahana, yang berpusat di Yogyakarta, lewat rubrik Jumpa Bintang-nya, mengonstruksi profil selebriti Kristiani. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam pengumpulan datanya, dan analisis framing sebagai metode analisis data. Dalam pengumpulan data, diperoleh 6 teks Jumpa Bintang yang menjadi objek penelitian ini. Proses penelitian dimulai dengan menganalisis 6 teks Jumpa Bintang Majalah Bahana dengan menggunakan perangkat framing Gamson dan Modigliani. Hasil analisis teks mengungkap, Bahana menilai selebriti Kristiani sebagai sosok yang memiliki hidup dan karakter yang menginspirasi dan bisa dijadikan teladan. Bahana sangat menonjolkan sisi positif yang dimiliki para selebriti sebagai seorang yang beragama Kristiani. Kedekatan dengan Tuhan, peran Tuhan, kepribadian dan karakter yang baik, serta kesuksesan yang telah berhasil diraih menjadi sisi yang berusaha dimunculkan oleh Bahana. Penelitian berlanjut ke ranah konteks. Pada bagian ini, wawancara dengan redaksional Majalah Bahana menjadi sumber data utama. Berdasarkan hasil wawancara, diketahui bahwa redaksional Majalah Bahana memang memprofilkan seorang selebriti Kristiani sebagai seorang yang telah mencapai kesuksesan dalam profesinya, memiliki kehidupan rohani yang baik, membawa nilai-nilai Kristiani, dan bisa dijadikan teladan yang baik. Bahana sangat berharap agar Jumpa Bintang bisa mempengaruhi pembaca sampai pada level perilaku. Temuan dalam analisis teks dan konteks menjadi hasil dari penelitian ini. Pembingkaian Majalah Bahana terhadap selebriti Kristiani nyata dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya sikap, ideologi, dan rutinitas media.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | selebriti Kristiani, Jumpa Bintang, teks, analisis framing. |
Subjects: | Komunikasi > Jurnalisme |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 01 May 2013 10:52 |
Last Modified: | 01 May 2013 10:52 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1196 |
Actions (login required)
View Item |