PUTRA, DESTIAN GUNTUR EKA (2012) IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE PHILANTHROPY “FREEPORT PEDULI ” ( Sebuah Studi Kasus Tentang Implementasi Program Corporate Social Responsibility Sebagai Upaya Pencitraan PT Freeport Indonesia ). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03339.pdf Download (831kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03339.pdf Download (376kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM03339.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
||
Text (Bab III)
3KOM03339.pdf Restricted to Registered users only Download (758kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03339.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya kebutuhan perusahaan pertambangan untuk mengelola citra perusahaan. Perusahaan tambang banyak dianggap sebagai perusahaan yang menimbulkan berbagai dampak baik sosial maupun lingkungan. PT Freeport Indonesia merupakan perusahaan pertambangan terbesar di Indonesia dan membutuhkan pencitraan yang baik sebagai perusahaan kontraktor pemerintah. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui implementasi program corporate philanthropy “Freeport Peduli” sebagai bagain dari upaya pencitraan PT Freeport Indonesia, serta menganalisis model komunikasi yang digunakan dalam implementasi program Freeport Peduli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, adapun instrumen yang digunakan adalah wawancara, dengan mengajukan sejumlah pertanyaaan kunci terhadap narasumber, yang kemudian jawaban diinterpretasikan menjadi data-data primer. Program corporate philanthropy Freeport Peduli, merupakan perluasan kegiatan CSR, yang ditujukan mengakomodasi stakeholder perusahaan diluar Kabupaten Mimika. Hal yang menarik peneliti memilih topik ini adalah, munculnya pemikiran perusahaan untuk menambah kegiatan CSR diluar sustainable development. Pelaksanaanya di luar departemen pelaksana CSR perusahaan dan dilaksanakan oleh corporate communication sebagai departemen yang menjalankan fungsi PR perusahaan yang kemudian program ini digunakan sebagai image booster perusahaan. Agar tepat sasaran dan bermanfaat maksimal bagi perusahaan dan masyarakat, implementasi program Freeport Peduli dilakukan dengan menggunakan pihak ketiga yang merupakan stakeholder perusahaan. Melibatkan pihak ketiga juga merupakan upaya meningkatkan kredibilitas program karena munculnya third party endorsement. Dalam upaya pencitraan pelaksanaan program Freeport Peduli juga menitik beratkan pada proses pengkomunikasian program sehingga di dalamnya juga terdapat upaya media relations untuk memperoleh publisitas maksimal. Freeport peduli merupakan bendera CSR perusahaan di luar area pertambangan. Pada akhirnya, pelaksanaan program freeport peduli merupakan salah satu usaha perusahaan dalam meningkatkan citra perusahaan dimata nationwide stakeholder dengan menunjukan kepedulian perusahaan dalam bidang pilihan tertentu.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Citra, Corporate Phianthropy, Corporate Communication.CSR |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 01 May 2013 10:57 |
Last Modified: | 01 May 2013 10:57 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1198 |
Actions (login required)
View Item |