Anggriyani, Geotina Dera (2012) STRATEGI PERSONAL BRANDING MELALUI BLOG (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Personal Branding Margareta Astaman melalui blog ”Have A Sip of Margarita”). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03418.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03418.pdf Download (313kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM03418.pdf Restricted to Registered users only Download (816kB) |
||
Text (Bab III)
3KOM03418.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03418.pdf Download (567kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi personal branding yang dilakukan oleh Margareta Astaman melalui blog “Have A Sip of Margarita”. Penelitian ini dilakukan karena ketertarikan akan adanya perubahan dimana tidak hanya barang dan jasa yang dapat di-branding, perkembangan media dan teknologi memungkinkan seseorang untuk melakukan branding atas dirinya, bukan lagi corporate branding melainkan personal branding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi personal branding yang dilakukan Margareta Astaman melalui blog “Have A Sip of Margarita”. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pendekatan kualitatif, langkah-langkahnya sebagai berikut : (1) Pengumpulan data yaitu dengan metode wawancara mendalam dan dokumentasi, (2) Reduksi Data, (3) Kesimpulan dan Verifikasi. Blog pada awalnya sebagai sebuah media personal untuk memenuhi kebutuhan sosialisai Margareta Astaman, setelah kebutuhan sosial terpenuhi dan semakin banyaknya pembaca, blog berubah peran menjadi sebuah media untuk melakukan personal branding. Strategi personal branding ini dilakukan oleh Margareta Astaman sebagai, online profile dan juga pembentukan image Margareta Astaman. Personal branding yang dilakukan selain memberikan dampak positif terhadap diri Margareta Astaman juga memberikan dampak positif bagi para pembaca blog dimana dalam blog “Have A Sip of Margarita” selalu ditekankan mengenai nasionalisme, perempuan, dan mempertanyakan stereotype. Dalam penelitian ini dapat diketahui beberapa proses dalam strategi personal branding melalui blog, yaitu selalu menekankan “what for the reader”, memperhatikan konsistensi isi blog dan citra yang ingin dibentuk, melakukan update terhadap blog dengan rutin, mengutamakan gaya penulisan yang menarik dan mudah dimengerti, memanfaatkan fasilitas internet selain blog untuk berkomunikasi dengan pembaca, berusaha menemukan dan menjalin komunikasi dengan team leader, memanfaatkan setiap kesempatan sebagai penyebaran informasi mengenai keberadaan blog, menjaring komunitas online dan offline, menonjolkan sisi personal yang kuat, memberikan differentiation atau ciri khas pada blog.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi, personal branding, blog |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 01 May 2013 11:11 |
Last Modified: | 01 May 2013 11:11 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1203 |
Actions (login required)
View Item |