Pembangunan Sistem Informasi Pengelolaan Pengujian Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Dinas Perhubungan Kabupaten Purbalingga)

Setyoko, Andreas Dimas (2017) Pembangunan Sistem Informasi Pengelolaan Pengujian Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Dinas Perhubungan Kabupaten Purbalingga). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TF075380.pdf

Download (522kB)
[img] Text (Bab I)
TF075381.pdf

Download (392kB)
[img] Text (Bab II)
TF075382.pdf

Download (462kB)
[img] Text (Bab III)
TF075383.pdf

Download (524kB)
[img] Text (Bab IV)
TF075384.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
TF075385.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab VI)
TF075386.pdf

Download (1MB)

Abstract

Uji kir atau yang sering disebut pengujian kendaraan bermotor adalah serangkaian kegiatan menguji dan memeriksa bagian-bagian kendaraan bermotor yang berfungsi untuk memberi jaminan keselamatan pengguna kendaraan dan melestarikan lingkungan dari kemungkinan pencemaran kendaraan bermotor. Pelaksanaan pengujian kendaraan bermotor di Kabupaten Purbalingga dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan bagian angkutan. Pengelolaan uji kir di Dinas Perhubungan Kabupaten Purbalingga belum dilaksanakan secara terkomputerisasi. Data kendaraan uji dan hasil uji masih dicatat di lembaran kertas. Data tersebut belum terhubung ke database server sehingga data masih offline di satu komputer saja. Untuk mendaftarkan kendaraan uji dan membayar retribusi, pegawai mencari data kendaraan uji dengan mengecek tiap lembaran kertas. Penghitungan Pendapatan Asli Daerah (PAD) uji kir secara manual membuat hasil menjadi tidak akurat. Permasalahan tersebut membuat pelayanan pengujian kendaraan bermotor tidak terlaksana secara efektif dan efisien. Untuk menangani permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan sistem informasi pengelolaan pengujian kendaraan bermotor. Hasil dari sistem tersebut adalah pengelolaan pengujian kendaraan bermotor di Dinas Kabupaten Purbalingga dapat dilaksanakan secara terkomputerisasai serta terhubung dengan database server. Sehingga pelayanan uji kir

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: uji kir, pengujian kendaraan bermotor, PAD, sistem informasi.
Subjects: Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Sep 2017 10:18
Last Modified: 28 Sep 2017 09:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12408

Actions (login required)

View Item View Item