Design For Manufacturing n Produk Keramik Dinding Berornamen Islamic

Chrispambayun, Mesty Fascharinta (2017) Design For Manufacturing n Produk Keramik Dinding Berornamen Islamic. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TI075200.pdf

Download (723kB)
[img] Text (Bab I)
TI075201.pdf

Download (286kB)
[img] Text (Bab II)
TI075202.pdf

Download (389kB)
[img] Text (Bab III)
TI075203.pdf

Download (463kB)
[img] Text (Bab IV)
TI075204.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Bab V)
TI075205.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab VI)
TI075206.pdf

Download (371kB)

Abstract

Keramik adalah benda yang terbuat dari tanah liat yang mengalami proses pembakaran sehingga mengeras. Dalam kehidupan sehari – hari pada semua kalangan banyak terdapat benda yang terbuat dari keramik, misalnya keramik dinding, keramik lantai, piring, helas, vas, hiasan, dan sebagainya. Keramik dinding sering digunakan sebagai interior bangunan, hotel, restoran, hingga tempat ibadah sebagai hiasan yang menonjolkan karakter dari bangunan tersebut. Karakter tersebut ditunjukkan dengan adanya ornamen yang menghiasi keramik dinding. Ornamen – ornamen ini biasanya didesain sesuai dengan sejarah atau filosofi perkembangan dari bangunan yang didesain. Ciri ornamen Islamic adalah memiliki daun, batang, bentuk palm, bunga, dan tunas dari daun maupun bunga. Hal ini sesuai dengan perkembangan ornamen masjid – masjid yang terdapat pada Timur Tengah. Design for Manufacturing adalah salah satu metode untuk mempercepat proses produksi dengan menggunakan teknologi untuk menghasilkan produk dengan cepat dan presisi. Desain yang dikerjakan dalam penelitian ini adalah desain Syrian and Egyptian Tiles. Hal yang dialami oleh PT. Nuanza Porcelain Indonesia adalah proses pembuatan master pola cetakan produk keramik dinding menggunakan tangan (handmade), hal ini membuat waktu proses produksi lambat dn pekerjaan tangan manusia menyebabkan hasil pola cetakan yang tidak presisi. Dengan metode additive manufacturing yaitu menggunakan teknologi 3D printing dan dengan metode substractive manufacturing menggunakan mesin CNC, dapat membantu kendala yang dihadapi oleh PT. NPI dengan mempercepat produksi dan mendapatan biaya produksi yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunakaan metode DFM dengan penggunaan teknologi additive manufacturing dan substractive manufacturing pada pembuatan master pola cetakan dapat mempercepat proses produksi dan dihasilkan biaya produksi yang tepat untuk konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ceramic tiles, Design for Manufacturing, Additive Manufacturing, Substractive Manufacturing, Ornamen Islamic.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Oct 2017 09:35
Last Modified: 05 Oct 2017 09:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12474

Actions (login required)

View Item View Item