Identifikasi Penyebab Keterlambatan Waktu Perbaikan Mesin Produksi Dengan Value Stream Mapping Di Perusahaan Pengolahan Susu

Setyabudi, Dedy (2017) Identifikasi Penyebab Keterlambatan Waktu Perbaikan Mesin Produksi Dengan Value Stream Mapping Di Perusahaan Pengolahan Susu. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TI086250.pdf

Download (613kB)
[img] Text (Bab I)
TI086251.pdf

Download (137kB)
[img] Text (Bab II)
TI086252.pdf

Download (468kB)
[img] Text (Bab III)
TI086253.pdf

Download (152kB)
[img] Text (Bab IV)
TI086254.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
TI086255.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB)
[img] Text (Bba VI)
TI086256.pdf

Download (373kB)

Abstract

Setiap perusahaan manufaktur ingin selalu meningkatkan kapasitas produksi untuk memenuhi keinginan konsumen. Departemen produksi harus didukung oleh kondisi mesin yang baik untuk meningkatan kapasitasnya. Proses produksi akan terganggu ketika kerusakan mesin terjadi pada waktu yang tak terduga, menyebabkan munculnya breakdown yang mengurangi waktu produksi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di perusahaan pengolahan susu bubuk, aktivitas perbaikan mesin yang dilakukan sering melebihi waktu yang dijadwalkan sehingga menyebabkan keterlambatan waktu produksi. Penelitian ini menggunakan value stream mapping yang merupakan salah satu metode pendekatan lean manufacture untuk mengidentifikasi dan meminimasi waste pada saat aktivitas pemeliharaan mesin. Berdasarkan current state map diketahui beberapa aktivitas pemborosan yaitu menunggu, mencari, dan transport. Langkah perbaikannya adalah mengurangi aktivitas berlebih, manajemen rak penyimpanan spare part, dan usulan letak workshop dekat area produksi. Pada future state map, beberapa langkah yang dibuat terbukti dapat menghilangkan keterlambatan waktu produksi sebesar 77 menit. Dari perbandingan current dan future VSM diketahui waktu pemeliharaan mesin efektif berkurang sebesar 6,9% dan waktu lead time dari awal perbaikan mesin hingga perbaikan selesai dan mesin beroperasi berkurang sebesar 26,6%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lean manufacturing, Value Stream Mapping, Perbaikan mesin.
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Oct 2017 10:10
Last Modified: 12 Oct 2017 10:10
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12512

Actions (login required)

View Item View Item