Pratama, Johan (2017) Desain Ulang Lambung Kapal Ikan Di Daerah Tanjung Mas Semarang. S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
TI086510.pdf Download (31MB) |
|
Text (Bab I)
TI086511.pdf Download (235kB) |
|
Text (Bab II)
TI086512.pdf Download (1MB) |
|
Text (Bab III)
TI086513.pdf Download (351kB) |
|
Text (Bab IV)
TI086514.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text (Bab V)
TI086515.pdf Restricted to Registered users only Download (828kB) |
|
Text (Bab VI)
TI086516.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tanjung Mas Semarang merupakan salah satu pelabuhan laut digunakan sebagai sumber transit kapal ikan. Kapal ikan di daerah ini bertipe Kapal Layar Mesin Pinisi (KLMP). Kapal jenis ini memiliki ciri khas yaitu memiliki lambung kapal yang besar. Lambung kapal yang besar dikarenakan KLMP pembuatannya belum menggunakan teknologi perhitungan hambatan dan masih dikerjakan secara turun temurun di daerah Bulukamba Sulawesi Selatan, Kecamatan Tanah Beru. Pembuatannya lebih banyak menggunakan intuisi, namun hasil atau produk yang dihasilkan dapat mengarungi lautan sebagaimana layaknya kapal yang dihasilkan menggunakan model sistem produksi dengan perhitungan hambatan kapal dalam penentuan bentuk lambung kapal. Simulasi komputasi adalah salah satu cara untuk menentukan bentuk lambung kapal. Metode ini dilakukan dengan cara membuat beberapa simulasi model desain lambung kapal dimana pada tiap modelnya memiliki perbedaan bentuk masing-masing. Hasil simulasi model tersebut diproses menggunakan software sehingga dapat memprediksi komponen hambatan beserta total hambatan dari lambung kapal. Berdasarkan total hambatan yang terendah dapat ditentukan model lambung kapal yang paling optimum. Hal ini belum dialami oleh KLMP dalam pendesainan bentuk lambung kapalnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan desain lambung kapal ikan di daerah Tanjung Mas Semarang (dalam hal ini KLMP) yang optimum sehingga mengurangi konsumsi energi bahan bakar saat kapal beroperasi. Penelitian ini mendesain ulang bentuk lambung kapal dari bentuk U menjadi bentuk V, dan menghasilkan variasi data hambatan total terhadap perubahan bentuk chine dan keel kapal melalui software delftSHIP. Hambatan total tiap model kapal nantinya akan dibandingkan satu sama lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil desain ulang KLMP model 4 berhasil mengurangi nilai hambatan total kapal yang awalnya dari 1728,83 kN pada kecepatan 17 knots menjadi 1262,73 kN pada kecepatan yang sama.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lambung Kapal, Kapal Pinisi, delftSHIP, simulasi komputasi, hull resistance. |
Subjects: | Teknik Industri > Produksi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 12 Oct 2017 12:10 |
Last Modified: | 12 Oct 2017 12:10 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12516 |
Actions (login required)
View Item |