Evaluasi Kinerja Angkutan Umum Terhadap Penurunan Jumlah Penumpang (Studi Kasus Bus Antar Kota Antar Provinsi Trayek Solo – Yogyakarta)

WIJAYANTO, THOMAS SIGIT (2017) Evaluasi Kinerja Angkutan Umum Terhadap Penurunan Jumlah Penumpang (Studi Kasus Bus Antar Kota Antar Provinsi Trayek Solo – Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kebutuhan akan sarana transportasi dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan akibat semakin banyaknya kegiatan–kegiatan yang membutuhkan jasa transportasi sehingga bertambah pula intensitas pergerakan lalu lintas antar kota. Transportasi umum khususnya bus AKAP saat ini kurang diminati oleh para penumpang karena dinilai kurang efektif dari segi waktu dan biaya. Pada studi kasus ini perjalanan penduduk antar kota antar provinsi Solo-Yogyakarta jumlahnya terus mengalami penurunan. Dengan menurunnya jumlah penumpang pada bus AKAP trayek Solo-Yogyakarta oleh karena itu diperlukan evaluasi mengenai kinerja dan pelayanan bus agar selanjutnya kinerja bus AKAP trayek Solo-Yogyakarta dapat maksimal. Metode penelitian yang dipakai untuk menganalisis kinerja angkutan umum yaitu menggunakan ; Metode observasi, metode studi pustaka, metode wawancara dan kuesioner. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua jenis yaitu pengumpulan data primer dan data sekunder. Data primer yang diperlukan dalam penelitian ini yaitu meliputi data naik turun penumpang, load factor, waktu tempuh, headway, frekuensi, jumlah armada, time table, kuesioner dan wawancara. Data Sekunder meliputi ; Rute Angkutan dan jumlah armada. Pengumpulan data ini dilakukan selama 6 hari yakni dari hari senin 3 April 2017 sampai dengan hari Sabtu 8 April 2017. Hasil dari penelitian kinerja bus AKAP trayek Solo-Yogyakarta, diperoleh data jarak tempuh setiap 1 (satu) trayek adalah 66,3 km. Nilai load factor rata-rata dari total rata-rat per harinya adalah sebesar 42,57%. Nilai ini kurang dari standar yang digunakan yaitu 70%. Hasil aksesibilitas bus AKAP trayek Solo-Yogyakarta dikategorikan tinggi. Kecepatan rata-rata bus AKAP trayek Solo-Yogyakarta adalah 26,25 km/jam. Hasil ini kurang dari standar yang digunakan yaitu 30 km/jam. Headway rata-rata bus AKAP trayek Solo-Yogyakarta adalah 13,3 menit. Waktu antara rata-rata bus AKAP trayek Solo-Yogyakarta adalah 26,41. Jumlah armada perwaktu sirkulasi didapat 13 unit kendaraan. Perhitungan utilitas/jarak tempuh kendaraan bus AKAP trayek Solo-Yogyakarta dalam sehari melayani 4 (empat) kali trayek, setiap trayeknya 66,3 km, jadi setiap harinya bus AKAP melayani jarak tepuh 265,2 km/kend/hari, hasil ini lebih besar dari yang telah disyaratkan oleh Direktorat Jendral Perhubungan Darat yaitu 200 km/kend/hari. Dari data yang telah diperoleh perlu dilakuan pengkajian ulang mengenai kinerja bus serta penjadwalan ulang waktu keberangkatan bus agar kinerja bus dapat lebih maksimal

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Kinerja, Angkutan, Load Factor, Headway
Subjects: ?? bb ??
Divisions: ?? sch_che ??
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2017 10:30
Last Modified: 23 Oct 2017 10:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12628

Actions (login required)

View Item View Item