NAHAK, LISTIA AMELIA BRIA (2017) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN SILIWANGI KOTA KUPANG. S1 thesis, UAJY.
Text (HALAMAN JUDUL)
TS148770.pdf Download (731kB) |
|
Text (BAB I)
TS148771.pdf Download (232kB) |
|
Text (BAB II)
TS148772.pdf Download (146kB) |
|
Text (BAB III)
TS148773.pdf Download (345kB) |
|
Text (BAB IV)
TS148774.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
|
Text (BAB V)
TS148775.pdf Restricted to Registered users only Download (564kB) |
|
Text (BAB VI)
TS148776.pdf Download (1MB) |
Abstract
Jalan Siliwangi Kota Kupang memiliki volume yang cukup tinggi. Merangkap sebagai kawasan bisnis, ruas Jalan Siliwangi memiliki berbagai masalah terkait hambatan samping akibat tingginya aktivitas samping jalan, hal ini menjadikan kecepatan rata-rata kendaraan menjadi rendah dan waktu tempuh yang digunakan menjadi lebih lama. Penelitian pada Jalan Siliwangi dilakukan dengan cara mengumpulkan 2 data yaitu data primer berupa volume lalu lilntas, waktu tempuh, dan hambatan samping, dan data sekunder berupa jumlah penduduk. Pengamatan dilakukan selama 3 hari yaitu pada tanggal 19 April 2017, 21 April 2017, dan 22 April 2017. Analisis data dilakukan berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 14 Tahun 2006, untuk mengetahui tingkat pelayanan ruas jalan tersebut. Dari hasil pengamatan berdasarkan volume lalu lintas tertinggi di dapat Q sebesar 1261 smp/jam, total frekuensi berbobot hambatan samping sebesar 827.20. Kecepatan arus bebas (FV) sebesar 31,26 km/jam, kecepatan tempuh (V) sebesar 25,25 km/jam, waktu tempuh 7,13 detik, kapasitas (C) sebesar 1806,11 smp/jam. Derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,69, dan termasuk dalam tingkat pelayanan C. Dari hasil pengamatan berdasarkan volume hambatan samping tertinggi di dapat Q sebesar 1217.65 smp/jam, total frekuensi berbobot hambatan samping sebesar 920.40. Kecepatan arus bebas (FV) sebesar 27.83 km/jam, kecepatan tempuh (V) sebesar 21,65 km/jam, waktu tempuh 13,5 detik, kapasitas (C) sebesar 1607,88 smp/jam. Derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,76, dan termasuk dalam tingkat pelayanan C karena memiliki kecepatan yang masih tergolong rendah. Berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 solusi terbaik untuk ruas Jalan Siliwangi Kota kupang adalah memberlakukan parkir di salah satu sisi jalan, melarang kendaraan keluar masuk dan pengalihan kendaraan berat karena dapat meningkatkan kecepatan kendaraan menjadi 32,35 km/jam, kapasitas (C) sebesar 2089.04 smp/jam, dan derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,54. Termasuk dalam tingkat pelayana C, karena memiliki kecepatan yang juga masih tergolong rendah. Walaupun tingkat pelayanannya tidak berubah, akan tetapi kapasitas jalan menjadi bertambah, sehingga dapat mencengah terjadinya kemacetan pada jalan tersebut.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 10:54 |
Last Modified: | 23 Oct 2017 10:54 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12629 |
Actions (login required)
View Item |